Akhiri Masa Tugas, Tatto ‘Pulang’ ke Majenang Jalan Kaki

Akhiri Masa Tugas, Tatto ‘Pulang’ ke Majenang Jalan Kaki

Tatto dan rombongan saat jalan kaki dari Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, ke Ciguling Majenang, Senin (14/11/2022).--

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengakhiri masa jabatanya dengan ‘pulang’ berjalan kaki dari Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, ke kediamannya di Ciguling Majenang, Senin (14/11/2022). Total jarak yang akan ditempuh sekitar 90 kilometer.

 

Tatto dilepas dengan apel pagi yang diikuti jajaran Forkopimda bersama para pejabat dan Kepala serta perwakilan OPD. Suasana haru mewarnai apel pelepasan saat Tatto bersama istri, anak, dan cucunya menyalami peserta apel satu persatu.

Rute yang ditempuh terbagi dalam beberapa etape. Etape pertama start dari Pendopo Wijayakusuma menuju Kantor Kecamatan Jeruklegi, dilanjutkan ke Kecamatan Kawunganten. Usai bermalam di Kawunganten, perjalanan dilanjutkan hari berikutnya, Selasa (15/11).

Tatto bersama rombongan bertolak dari Kecamatan Kawunganten pada pagi hari, menuju Kecamatan Bantarsari. Perjalanan dilanjutkan pada sore harinya menuju Kecamatan Sidareja dan bermalam di sana.

Rabu (16/11) perjalanan dimulai dari Kecamatan Sidareja menuju Balai Desa Cinangsi Kecamatan Karangpucung. Selanjutnya dilanjutkan ke Kantor Kecamatan Karangpucung dan rombongan kembali bermalam untuk beristirahat.

Kemudian Kamis (17/11) dari Kecamatan Karangpucung, Tatto menuju Kecamatan Cimanggu, dan meneruskan perjalanan hingga sampai di Ciguling, kediaman Tatto. Selama 15 tahun menduduki jabatan politik di Kabupaten Cilacap, ada kesan-kesan mendalam yang senantiasa tertanam hingga kini.

Diantaranya adalah saat pertama kalinya Tatto menduduki jabatan Plt. Bupati dan banyak turun ke desa-desa untuk menyerap aspirasi masyarakat. “Kesan kesan yang tidak bisa saya lupakan Ketika istri saya bilang, ‘Ayah kan belum pernah terjun ke birokrasi. Ayo kita nginep di desa-desa, melihat, belajar, apa saja yang ada di desa’. Itulah yang harus dikawal untuk pembangunan,” kata Tatto.

Sementara itu pada beberapa kesempatan, Tatto telah menyampaikan salam perpisahan kepada para pejabat, karyawan OPD, kolega dan masyarakat. “Pemimpin datang silih berganti. Ada pertemuan ada juga perpisahan. Dulu saat awal menjabat saya diantar ibu, keluarga, dan tokoh masyarakat. Jadi ketika pulang saya juga ingin diantar keluarga ke tempat saya di Ciguling,” tambahnya.

Sebagai informasi, pasangan Tatto – Syamsul berakhir masa jabatannya pada 19 November 2022. Pada sepanjang rute yang dilalui, ribuan masyarakat yang antusias menyambut kepulangan Bupati telah menanti. Tak jarang Tatto berhenti untuk bersalaman dengan warga dan berfoto Bersama. Beberapa diantaranya bahkan terlihat menitikkan air mata.(dn/kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: