Lampu Hias Kota Lama Banyumas Berbentuk Pewayangan dan Batik Banyumas

Lampu Hias Kota Lama Banyumas Berbentuk Pewayangan dan Batik Banyumas

Ilustrasi : Pengunjung di alun alun Purwokerto menikmati suasananya. Di Kawasan Kota Lama Banyumas juga akan diberi banyak ornamen -Foto Laily Media Y/Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Untuk memeriahkan area Kota Lama Banyumas (KLB), Pemkab Banyumas melalui Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas akan memasang lampu hias. Rencananya ada 36 titik dari selatan jembatan Pasar Banyumas sampai Alun-Alun Banyumas.

Sub Koordinator Purbakala dan Permusiuman Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Arif Rachman menyampaikan, pemasangab lampu hias melintang, dengan berbagai tokoh pewayangan Gagrag Banyumas seperti Bawor, Petruk, dan lain-lain, serta kudi senjata khas Banyumas.

"Lebih ke Punakawan gaya Banyumas, agar semakin memasyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Yunita Dyah Suminar, Resmi Jabat PJ Bupati Cilacap hingga 2024

Lampu melintang tersebut juga seolah diikat dengan batik motif Banyumasan. Arif mengatakan, desain pewayangan dan batik untuk lampu hias digambar manual oleh budayawan senior di Kabupaten Banyumas.

"Setelah digambar secara manual, baru dilakukan digitalisasi untuk dibentuk ke lampu hias," katanya.

BACA JUGA:Terima Kunjungan Bagian Hukum Setda Pemkab dan Cabang Tegal, LBH-PK Beri Bantuan Hukum Gratis Warga Miskin

Nantinya tiap lampu yang melintang berbeda-beda di setiap tiang. Menambah semarak di area KLB. Serta memperlihatkan ciri khas Banyumas pada pendatang, atau warga luar Kabupaten Banyumas yang melintas di area KLB. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: