Minimalkan Potensi Korban Jiwa, BPBD Ungsikan Warga Terdampak Eks Tambang Pasir di Karangrau Banyumas

Minimalkan Potensi Korban Jiwa, BPBD Ungsikan Warga Terdampak Eks Tambang Pasir di Karangrau Banyumas

Kepala BPBD Banyumas, didampingi Camat Banyumas saat menyerahkan bantuan pengunsian terhadap warga terdampak eks tambang pasir di Desa Karangrau, Kamis (10/11). Ahmad Erwin /Radarbanyumas--

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas bersama dengan Forkompincam Kecamatan Banyumas memastikan kebutuhan warga terdampak Eks tambang galian tanah di Rt 3 Rw 3 Desa Karangrau Kecamatan Banyumas terpenuhi. 

Dengan melakukan peninjauan langsung di pemukiman warga yang terdampak potensi longsor akibat eks tambang pasir, Kamis (10/11) pagi tadi. 

BACA JUGA:Pengaspalan Jalan Gatot Subroto Rampung Hari Ini, Pengguna Kendaraan Diminta Melintas di Jalan Yos Sudarso

Atas petunjuk Bupati Banyumas, Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho mengatakan, untuk meminimalkan korban jiwa, 3 diantara pemilik rumah yang berada dibibir tebing eks galian tambang pasir diputuskan untuk diungsikan. 

"Beberapa waktu yang lalu memang ada laporan, bahwa di sini ada ancaman tanah longsor. Jadi kita utamanya sebagai badan penanggulangan bencana, dan petunjuk pak Bupati bagaimana mengamankan jiwa masyarakat sehingga saat ini kita putuskan untuk diungsikan," ungkapnya. 

BACA JUGA: Lestarikan Tradisi, Bangun Rumah Relokasi Korban Longsor di Banjarpanepen Tunggu Perhitungan Tanggal Baik

Mengingat curah hujan masih tinggi, dan pekerjaan talud penahan tebing juga belum selesai. 

Untuk antisipasi Budi melanjutkan, tiga pemilik rumah yang rawan terdampak potensi longsor itu akan dicarikan kontrakan. 

"Saat ini kita sampaikan dalam mengungsi kita carikan kontrakan rumah, lalu serahkan kepada masyarakat tiga KK yang memang rawan, dan dimungkinkan beresiko terdampak potensi longsor ini," tambahnya. 

BACA JUGA:63 Persen dari 1,8 juta jumlah Warga Banyumas Masuk DTKS

Apalagi sebelumnya, Ia menerangkan, juga telah dilaksanakan penyerahan sembako. 

"Intinya apapun yang menjadi resiko atas potensi bahaya baik itu bencana apapun termasuk tanah longsor, kita atas perintah pak Bupati harus segera tanggap, agar supaya meminimalkan korban jiwa," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: