Dua Bulan, 5 Ekor Hiu Tutul Terdampar di Perairan Cilacap

Dua Bulan, 5 Ekor Hiu Tutul Terdampar di Perairan Cilacap

Bangkai ikan hiu tutul tampak didorong menggunakan buldozer untuk dikuburkan, Sabtu 05 November 2022.-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dalam dua bulan terakhir, lima ekor ikan hiu tutul terdampar di perairan pantai selatan CILACAP.

Satu ekor berhasil diselamatkan nelayan sedangkan 4 ekor sisanya mati.

Terakhir, hiu tutul seberat hampir dua ton dengan panjang sekitar sembilan meter ditemukan mati terdampar di wilayah pantai Kemiren kelurahan Tegal Kamulyan Kecamatan Cilacap utara.

"Iya benar, seekor hiu tutul mati terdampar dan ditemukan relawan redkar," kata Kepala Damkar Cilacap Supriyadi, Minggu 06 November 2022.

BACA JUGA:6 Puskemas Gagal Capai Target Imunisasi MR Dalam BIAN 2022

Selanjutnya dilakukan koordinasi dengan Lanal, Babhinsa serta Kelurahan untuk langkah penanganan lebih lanjut.

Karena bobot serta ukuran yang cukup besar, pihak kelurahan meminta bantuan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk peminjaman alat berat untuk proses penguburan.

"Kita bersama relawan serta lintas sektor membuat lubang, kemudian ikan kita dorong menggunakan buldozer," lanjut Supriyadi.

BACA JUGA:Ini Ongkos Yang Dikeluarkan Kades Saat Naik Pesawat, Gunakan Dana PADes

Dari informasi yang didapat dari nelayan, kondisi angin timur di perairan wilayah Cilacap mendorong ikan-ikan kecil ke arah perairan dangkal, kadang para hiu paus tersebut terbawa dan tidak bisa kembali ke perairan dalam.

"Mereka memburu ikan kecil dan plankton hingga kesini, jika musim angin timur seperti sekarang pasti ada saja yang terdampar," pungkas Supriyadi.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: