Pulang dari Panti, ODGJ Butuh Difasilitasi Keterampilan

Pulang dari Panti, ODGJ Butuh Difasilitasi Keterampilan

Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kemranjen mendampingi ODGJ Rati asal Karanggintung kembali ke rumah, Rabu (2/11). -Lasminah untuk Radarmas---

BANYUMAS-Satu lagi orang dengan gangguan jiwa asal Desa Karanggintung Kecamatan Kemranjen pulang dari Panti Martani Pucung Cilacap. Rati (50) dinyatakan telah purna bina.

Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kecamatan Kemranjen Lasminah menyampaikan selama berada di panti. Rati memperoleh berbagai jenis keterampilan selama berada di panti.

BACA JUGA:Tabrakan Maut Minibus Vs Truk di Jalan Raya Lumbir, Satu Penumpang Meninggal Dunia

"Harapan besar bagi ODGJ yang baru pulang diberikan bantuan yang sesuai skill di panti. Sehingga, di rumah memiliki kesibukan mandiri untuk membangun jati diri," terang Lasminah, Jum'at (4/11).

Agar ODGJ yang pulang dari panti lebih berkembang. Keterampilan yang dimiliki juga semakin terasah.

BACA JUGA:Begini Kronologi Minibus Vs Truk Tronton di Jalan Raya Lumbir

"Sedang diupayakan pengajuan mesin jahit. Karena Rati pintar menjahit setelah mengikuti pelatihan di panti," imbuh Lasminah.

Selain menjahit, ODGJ di panti juga dibekali keterampilan lain. Diantaranya membuat pernak pernik aksesoris, membatik dan keset lantai.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem di Cilacap Berpotensi Hingga 10 November

Dengan kepulangan Rati ke rumah. ODGJ bisa lebih sehat, sembuh dan bermasyarakat. Juga, berkarya dan menatap masa depan yang tertunda.

Kepulangan Rati disambut hangat saudara dan tetangga sekitar. Akan tetapi, Lasminah mengatakan dari jauh hari telah diedukasi. Supaya yang menengok untuk lebih berhati-hati dalam bertutur kata.

BACA JUGA:Paska Longsor, Tim Gabungan Sudet Danau Dadakan

"Sehingga, Rati tetap kondusif, aman dan nyaman," tutup Lasminah. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: