Wuih, Sarang Tawon Sebesar Ini Dievakuasi di Kantor Desa, Lalu Diminta Warga

Wuih, Sarang Tawon Sebesar Ini Dievakuasi di Kantor Desa, Lalu Diminta Warga

Sarang hasil operasi tangkap tawon di komplek Kantor Desa Selanegara, Selasa (25/10) malam. Kades Selanegara untuk Radarmas--

BANYUMAS-Taruna Siaga Bencana (TAGANA) pada Oktober ini sedang sering mendapatkan laporan warga untuk operasi tangkap tawon. Teranyar pada Selasa (25/10) malam di komplek Kantor Desa Selanegara Kecamatan Sumpiuh.

Kepala Desa Selanegara Imam Susanto menuturkan tidak mengetahui kepastian waktu keberadaan sarang tawon vespa. Sarang sudah berukuran besar di parkiran sepeda motor sebelah kiri depan.

BACA JUGA:Omzet Obat Sirup Menurun, Meski Kemenkes RI Sudah Edarkan Surat Terbaru Terkait EG dan DEG

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Mengingat sarang tawon berada di area kantor desa. Maka dilaporkan ke TAGANA.

"Sarang tawon yang dieksekusi diminta oleh warga," kata eksekutor operasi tangkap tawon anggota TAGANA Ngadirin, Rabu (26/10).

Dipastikan tawon dewasa yang berbahaya telah mati saat eksekusi. Sehingga, ketika dibawa oleh warga dinyatakan aman. 

BACA JUGA:Sidak Apotek, Dinkes Purbalingga Masih Temukan Stok Obat Sirup yang Dihentikan Peredarannya

Ngadirin mengatakan biasanya warga yang meminta sarang tawon hasil operasi digunakan untuk pakan ikan atau burung. Telur dan larva serta pupa yang dimanfaatkan.

"Ada juga yang minta untuk dimasak, dimakan," beber Ngadirin.

BACA JUGA:Penyaluran Stok Vaksin Terbesar Ke Sumpiuh

Koordinator TAGANA wilayah timur Banyumas Dasino menambahkan tercatat di Oktober ini sudah enam eksekusi operasi tangkap tawon. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: