Kenthongan Banyumas Juara Bawakan Tembang Ronda Bertema Siskamling di Event Menoreh Tourism Festival 2022

Kenthongan Banyumas Juara Bawakan Tembang Ronda Bertema Siskamling  di Event Menoreh Tourism Festival 2022

- Penampilan Group Seni Budaya Kenthongan Cablaka Banyumas saat tampil di Menoreh Tourism Festival 2022 di Kulonprogo, Sabtu (22/10).-Foto Dinporabudpar untuk Radar Banyumas-

PURWOKERTO- Group Seni Budaya Kenthongan Cablaka Banyumas menampilkan tema Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Dibawakan saat acara HUT Kabupaten Kulonprogo, pada even Menoreh Tourism Festival 2022, Sabtu (22/10).

"Dalam penampilan bertema Siskamling, dikemas dalam sebuah lagu berjudul Tembang Ronda," ujar Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Edi Saptono.

BACA JUGA:Perampok di Purwokerto Dikejar Warga, Setengah Jam Kemudian Tertangkap, Uang Rp 70 Juta Nyaris Raib

Dia menyampaikan, lagu Tembang Ronda diartikan dalam kegiatan Siskamling, ada simbol atau tanda untuk menginformasikan atau memberitahukan pada masyarakat sesuai ketukan kenthongan.

Ada Siji Siji Raja Pati, Loro Loro Ono Maling, Telu Telu Umah Kobong, Papat Papat Banjir Bandang,  Lima Lima Maling Kewan, Dara Muluk Tanda Aman.

BACA JUGA:Pulang Dari Bank, Bawa Uang Rp 70 Juta, Warga Pasirmuncang Purwokerto Barat Nyaris Dirampok Di Depan Rumahnya

"Jadi kalau kenthongan dipukul satu kali dengan jeda ada berita lelayu, dua kali ada maling tertangkap, tiga kali ada kebakaran rumah, empat kali ada banjir bandang, lima kali ada maling hewan atau barang, dan dipukul satu kali jeda lalu tujuh kali berulang dan seterusnya berarti aman," terang Edi.

BACA JUGA:Grup Kenthongan Banyumas Raih Juara Pertama Dari 21 Kontingen Berbagai Daerah di Indonesia

Dia menambahkan, group kenthongan yang turut berpartisipasi tersebut dari group Laras Putra Patriot. Dengan perolehan juara pertama, otomatis membawa nama Banyumas lebih baik lagi. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: