Pengurus Baru Baznas Ditarget Rampungkan PR Potensi Zakat, Ini Besarannya

Pengurus Baru Baznas Ditarget Rampungkan PR Potensi Zakat, Ini Besarannya

Bupati melantik pengurus baru Baznas Kabupaten Purbalingga 2022-2027, Jumat 21 Oktober 2022.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten PURBALINGGA kini memiliki kepengurusan baru.

Mereka didorong untuk mencapai target potensi zakat miliaran rupiah yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) selama ini.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM usai pelantikan  menyampaikan bahwa para pimpinan baru ini harus segera bekerja keras memaksimalkan pengumpulan zakat. 

BACA JUGA:Apotek di Purwokerto Tarik Peredaran Seluruh Obat Sirup

Paling tidak bisa dibentuk UPZ pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga tingkat desa.

Dalam waktu dekat, Baznas bersama Pemkab Purbalingga akan melakukan studi komparasi ke Kabupaten Karanganyar yang setiap tahunnya bisa mengumpulkan zakat hingga Rp 24 miliar.

“Harus belajar bagaimana payung hukum dibuat dan juga variabel lain sehingga pengumpulan zakat bisa optimal,” tuturnya.

BACA JUGA:Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Banyumas Menyayangkan Keputusan Kemenkes Soal Obat Sirup

Ketua Baznas terlantik Sudjianto pada saat pelantikan Pimpinan Baznas periode 2022-2027, Jumat (21/10/2022) di Pendapa Dipokusumo Purbalingga mengatakan, Baznas sebagai salah satu lembaga filantropi resmi yang dibentuk oleh pemerintah menjadi elemen penting yang ikut berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan.

“Kami memohon dukungan kepada Pemkab Purbalingga serta semua pihak agar kami maksimal dalam melaksanakan pengumpulan zakat yang sebagian besar adalah dari ASN yang ada di Purbalingga,” katanya.

Wakil Ketua IV Baznas Provinsi Jawa Tengah, Shalahuddin Ali dalam sambutannya menyampaikan potensi zakat Purbalingga yang masih bisa digali secara optimal. Potensi yang bisa didapatkan mencapai Rp 15-16 miliar.

BACA JUGA:Dirawat Sejak Hari Selasa, Pasien ODGJ Nekat Akhiri Hidup di Kamar RS

"Nyatanya dalam satu tahun zakat yang tergali masih di kisaran Rp 3 M sehingga pimpinan Zakat Purbalingga diminta untuk bersinergi dengan berbagai pihak agar zakat yang didapatkan bisa benar-benar ikut mensejahterakan masyarakat," rincinya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: