Kemenkes Larang Resep Obat Sirup, Apotek Diminta Tak Jual Obat Sirup, Antisipasi Gangguan Ginjal Misterius

Kemenkes Larang Resep Obat Sirup, Apotek Diminta Tak Jual Obat Sirup, Antisipasi Gangguan Ginjal Misterius

ilustrasi obat sirup - foto dok net - --

Angka kematian gangguan ginjal akut pada anak terbilang tinggi yakni hampir 50 persen. Dari 206 anak yang terjangkit, 99 anak dinyatakan meninggal dunia. Mengapa angka meninggal dunia cenderung tinggi?

Kemenkes sudah menerbitkan Keputusan Dirjen Yankes tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis AKI pada anak yang ditujukan kepada seluruh dinas kesehatan dan fasyankes. 

Kemenkes juga telah mengeluarkan surat edaran kewajiban penyelidikan epidemiologi dan pelaporan kasus AKI yang ditujukan kepada seluruh Dinas Kesehatan, Fasyankes, dan Organisasi Profesi.

Jumlah kasus yang dilaporkan hingga 18 Oktober 2022 sebanyak 206 dari 20 provinsi dengan angka kematian sebanyak 99 anak, dimana angka kematian pasien yang dirawat di RSCM mencapai 65 persen.

BACA JUGA:Bakal Diganti Baru, Pembuatan Jembatan Margasana Jatilawang Memakan Waktu Satu Tahun

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril pun mengungkapkan alasan di balik angka kematian dari kasus gangguan ginjal akut yang tinggi. Alasannya berkaitan dengan fungsi ginjal itu sendiri yang memainkan peranan sangat penting bagi tubuh. "Ginjal itu sebagai pusat metabolisme, organ yang sangat penting," kata Syahril dalam konferensi pers, Rabu (19/10).

Maka apabila dia terjadi gangguan, kata dia, ini akan mengganggu metabolisme dan gangguan metabolisme ini akan menyebabkan organ lainnya. Maka jangan sampai terjadi kegagalan organ pada ginjal. "Jika ginjal terganggu, organ lain terganggu juga," ujar Syahril.

Lalu apa itu gagal ginjal? Adalah sebuah kondisi di mana ginjal tidak bisa lagi melakukan aktivitasnya sebagai alat metabolisme tubuh. Syahril menjelaskan, kondisi ginjal yang terganggu ditandai dengan frekuensi dan jumlah urine yang menurun. Bahkan jika terjadi kerusakan yang berat, maka produksi urine bisa terhenti sama sekali.

BACA JUGA:Permintaan Operasi Tangkap Tawon di Cilacap Meningkat

"Untuk yang tadi tingkat kematiannya tinggi, itu dikarenakan dia sudah masuk ke fase itu. Makanya pada saat ini, kita sampaikan imbauan pada masyarakat, tenaga kesehatan untuk lebih waspada dan cepat melakukan tindakan bila ada gejala yang saya sebutkan tadi," kata Syahril. (jp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: