Di Banyumas, Dalam Dua Hari Tercatat 80 Titik Longsor dan 10 Banjir Luapan, Ini Data Lengkap Desa Kena Bencana

Di Banyumas, Dalam Dua Hari Tercatat 80 Titik Longsor dan 10 Banjir Luapan, Ini Data Lengkap Desa Kena Bencana

Pergerakan tanah di Jatisaba Cilongok membuat tanah amblas sedalam 2 meter, 1 rumah roboh dan 7 rumah retak akibat peristiwa ini, Kamis (13/10/2022). Woto untuk Radarmas--

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas sejak Rabu (12/10) kemarin hingga Kamis (13/10) sore hari ini. 

Di Kabupaten Banyumas tercatat telah terjadi 79 titik kejadian longsor, dan 10 kejadian banjir luapan akibat cuaca ekstrem. 

Frekuensi bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, dan tanah longsor itupun termasuk yang tertinggi dan terbanyak hingga saat ini. 

Hal itu dikatakan Budi Nugroho, Kepala Pelaksana BPBD Banyumas.

BACA JUGA:Halte di Sungai Serayu Papringan Terendam Air

Budi mengatakan, jika ekskalasi bencana selama dua hari ini cukup tinggi bila dibandingkan dengan kejadian bencana yang pernah terjadi sebelumnya. 

"Kalau dulu itukan per spot, kalau bencana di timur banyumas, ditimur saja. Dibarat Banyumas, dibarat saja, tetapi sekarang itu hampir merata di seluruh Banyumas," katanya. 

Bahkan, Budi melanjutkan, akibat cuaca ekstrem ini debit air di Sungai Serayu beberapa kali naik drastis, dan tidak seperti biasanya. 

Dan menghadapi cuaca ekstrem seperti ini Kalaksa BPDB Banyumas juga menghimbau, agar masyarakat Banyumas dapat terus waspada khususnya di daerah rawan bencana.  

BACA JUGA:Tol Jogja - Cilacap Diselesaikan Terlebih Dulu, Tahun Depan Dimungkinkan Masuk Lelang

"Mengingat curah hujan yang cukup tinggi dan meluas kesemua wilayah kabupaten banyumas, sehingga dihimbau untuk masyarakat semuanya agar waspada dari potensi resiko tanah longsor maupun banjir. Masyarakat yang dekat saluran air atau bantaran sungai, demikian dapat sadar diri, karena kita tidak tahu kapan bencana akan datang," jelasnya. 

Adapun data 80 lokasi bencana longsor di Kabupaten Banyumas :

1. Desa Cibangkong RT 2 RW 7 Kecamatan Pekuncen

2. Desa Kracak RT 4 RW 3 Kecamatan Ajibarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: