Stok Blanko E KTP Menipis, Dindukcapil Purbalingga segera ke Jakarta

Stok Blanko E KTP Menipis, Dindukcapil Purbalingga segera ke Jakarta

Petugas Dinpendukcapil saat pelayanan jemput bola di Bumisari, Bojongsari di tinjau Bupati Tiwi, Senin 10 Oktober 2022.-Foto Amarullah Nurcahyo / Radar Banyumas -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Stok blangko KTP Elektronik (E KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinpendukcapil) Kabupaten Purbalingga sejak akhir September lalu mulai menipis.

Oktober ini dinas sedang mengambil blangko ke Jakarta sebanyak kurang lebih 3.000 keping.

Kepala Dinpendukcapil Purbalingga, Muhammad Faturrohman menjelaskan, stok menipis karena kesadaran masyarakat mengurus identitas dan dokumen kependudukan semakin baik. terbukti dalam sehari permohonan E KTP baru dan perbaikan, mencapai 350 orang. 

"Saat itu kami kehabisan stok blangko, untuk bisa pinjam dulu di kabupaten tetangga. Nah Oktober ini kembali menipis, maka segera kami upayakan ke Jakarta," katanya,Senin 10 Oktober 2022.

BACA JUGA: Pemain Persibangga Diliburkan 2 Pekan Imbas Kompetisi yang Dihentikan Sementara

Kini pihaknya lebih selektif merealisasikan E KTP, karena blangko menipis. Ketika pemohon memang sangat membutuhkan untuk keperluan mendesak, maka E KTP bisa dicetak, kalau yang hanya untuk perbaikan dan tidak urgen, maka diberikan lebih dulu surat keterangan setara E KTP.

"Upaya jemput bola sampai ke desa- desa juga menjadikan kebutuhan blangko E KTP semakin banyak digunakan. Namun, kami mengapresiasi pemohon yang semakin sadar pada identitas diri secara resmi," katanya. 

Lebih lanjut dijelaskan, pelayanan administrasi kependudukan yang bisa dilakukan melalui online diantaranya perubahan Kartu Keluarga (KK), kehilangan dokumen, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kematian, Akta Kelahiran, Surat Pindah dan Datang, Penggantian Status E KTP dan e KTP Rusak.  

BACA JUGA:Pendaftaran Panwascam Purbalingga Resmi Ditutup, Tak Ada Lagi Perpanjangan

Sedangkan pelayanan yang harus dilakukan melalui tatap muka di antaranya perekaman E-KTP dan Cek Biometrik untuk pemohon yang baru pernah membuat E KTP.  (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: