Pemilu 2024 Jumlah TPS di Cilacap Meningkat

Pemilu 2024 Jumlah TPS di Cilacap Meningkat

Ketua KPU Cilacap Handi Tri Ujiono memberikan paparan tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, Kamis 06 Oktober 2022.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pelaksanaan Pemilu 2024 dapat dipastikan ada peningkatan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal tersebut mengacu pada pembatasan jumlah orang di setiap TPS yaitu 300 orang.

"Kita sudah usulkan sebanyak 6109 TPS, itu mengikuti aturan pembatasan jumlah orang di setiap TPS, Tahun 2019 sekitar 5800 TPS jadi ada peningkatan," kata Ketua KPU Cilacap, Handi Tri Ujiono saat ditemui Radarmas, Kamis 06 Oktober 2022.

BACA JUGA:Cuaca Tak Bersahabat, Nelayan Jetis Panen Ikan Tengiri dan Layur

Kemudian terkait Pemilu 2024 pihak KPU akan mengajukan untuk difasilitasi Pemerintah Kabupaten terkait teknis pelaksanaan di tingkat Kecamatan dan Desa/ Kelurahan.

"Sesuai aturan kita akan minta difasilitasi Pemkab untuk pelaksanaan ditingkat kecamatan dan desa," lanjutnya.

Menurutnya, pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang dengan usula  6109 TPS sehingga akan melibatkan banyak personil untuk panitia pelaksana maka perlu dukungan administrasi.

BACA JUGA:Di Pasar Majenang, Pedagang Ayam Wajib Pasang Tulisan Harga Ayam di Kios

"Kita akan libatkan ribuan orang untuk kepanitiaan, maka kami minta Pemkab dukung secara administrasi misalnya izin dari atasan jika ASN atau surat sehatnya digratiskan," lanjutnya.

Kemudian data dari BPBD terkait kesiapsiagaan bencana akan menjadi acuan dari KPU untuk menentukan lokasi TPS serta distribusi surat suara sehingga bisa diantisipasi ketika terjadi bencana.

BACA JUGA:Dianggar Rp 1 Miliar, Pastikan Tahun Ini Tersalurkan ke Guru Ngaji

"Bulan November hingga Desember 2023 kita sudah mulai distribusi surat suara, maka kita butuh dukungan administrasi, informasi dan fisik agar tidak terkendala kaitannya dengan bencana," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: