One Health Zero Death, Karantina Pertanian Cilacap Tekan Rabies dengan Vaksinasi pada Hewan Peliharaan

One Health Zero Death, Karantina Pertanian Cilacap Tekan Rabies dengan Vaksinasi pada Hewan Peliharaan

Petugas karantina pertanian Cilacap suntik kan vaksin rabies untuk hewan peliharaan, Senin 03 Oktober 2022.-KARANTINA PERTANIAN CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dalam rangka Hari Karantina Pertanian ke 145 dan Hari Rabies Sedunia, Karantina Pertanian Cilacap melaksanakan vaksinasi Rabies di Kantor Karantina Pertanian Cilacap Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap, Senin 3 September 2022.   

Kepala Karantina Pertanian Cilacap Dwi Astuti Yuniasih melalui Dokter Hewan Karantina drh M Taufik Kurniawan mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Cilacap dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia dalam melaksanakan Hari Rabies Sedunia.

"Kami mendapatkan alokasi vaksin, sehingga kita melaksanakan vaksinasi rabies hari ini," kata Taufik pada kegiatan vaksinasi rabies yang juga dilakukan sosialisasi perkarantinaan tersebut.

Taufik menambahkan, dengan tema 'One Health, Zero Death', melalui vaksinasi rabies ini diharapkan Kabupaten Cilacap terbebas dari rabies. 

Vaksinasi tersebut tidak hanya untuk hewan yang akan dikirim ke luar negeri, tetapi untuk semua jenis hewan peliharaan yang berpotensi menularkan rabies.

"Vaksinasi rabies hari ini untuk hewan peliharaan milik masyarakat, seperti anjing, kucing hingga kera," ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Ir Susilan mengapresiasi upaya Karantina Pertanian Cilacap yang sudah melakukan langkah nyata dalam pencegahan atau penanganan rabies di Cilacap.

"Selama ini kita alhamdulillah sudah banyak terbantu oleh Karantina Pertanian Cilacap," kata Susilan.

Bukan hanya dalam pencegahan rabies, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap sebelumnya juga sangat terbantu oleh Karantina Pertanian Cilacap dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Ternak. 

"Bukan hanya dibantu secara fisik, tetapi juga termasuk lain-lainnya, seperti edukasi hingga obat-obatan kita selalu bekerja sama dengan Karantina Pertanian Cilacap," kata dia.

Pelaksanaan vaksinasi Rabies, Susilan menambahkan, merupakan langkah konkrit Karantina Pertanian Cilacap dalam pelayanan masyarakat dalam kesehatan dan vaksinasi hewan peliharaan.  

"Dan pelayanan kesehatan dan vaksinasi ini dilakukan secara gratis semua. Dengan adanya pelayanan ini diharapkan tidak terjadi wabah yang berlebihan," ucap dia.

Meski banyak pemasukan hewan penular rabies dari propinsi lain ke Kabupaten Cilacap, peran serta Karantina Pertanian Cilacap cukup membantu dalam  mencegah kejadian penyakit. 

"Dan alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kasus rabies di Cilacap," tutup dia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: