Perpustakaan MAN 1 Banyumas Belum Sebanding Dengan Jumlah Siswa Meski Sudah Raih Akreditasi A

Perpustakaan MAN 1 Banyumas Belum Sebanding Dengan Jumlah Siswa Meski Sudah Raih Akreditasi A

Dengan jumlah siswa lebih dari seribu anak, usai meraih akreditasi A pihak madrasah berencana membangun perpustakaan baru melalui pengusulan skema SBSN.-Foto Humas MAN 1 Banyumas untuk Radar Banyumas-

PURWOKERTO - Perpustakaan MAN 1 Banyumas mampu meraih hasil akreditasi A dari Perpusnas. Pekerjaan rumah ke depan, perpustakaan MAN 1 Banyumas bisa dibangun sesuai dengan jumlah siswa yang mencapai ribuan.

Kepala MAN 1 Banyumas, H Jahroni, MPdI mengatakan proses penyempurnaan perpustakaan MAN 1 Banyumas sudah dirintis sejak satu tahun yang lalu dengan diawali pengajuan akreditasi. Pengajuan akreditasi dilaksanakan setelah tim perpustakaan MAN 2 Banyumas melaksanakan study banding ke MAN 2 Wonosobo.

"Kami meniru inovasinya. Kesan perpustakaan "gudang buku mapel" dikikis. Tim perpus menyiapkan ruang display buku, literasi dan ruang baca," katanya pada Radarmas, Jumat (30/9).

Jahroni menjelaskan dari sisi tempat diakuinya perpustakaan MAN 1 Banyumas saat ini belum memenuhi standar ruangan perpustakaan yang ideal. Dengan ukuran ruangan baru sekitar 9 x 7 meter, dengan setingan ruangan yang dibuat tim perpus, siswa sudah cukup betah di perpustakaan.

"Tetapi untuk ukuran standar minimal perpustakaan sudah sesuai. Hanya dilihat dari jumlah siswa MAN 1 Banyumas sebanyak 1.300 siswa belum seimbang,"  terang dia.

Dilanjutkannya letak perpustakaan MAN 1 Banyumas saat ini juga masih berjejeran dengan ruang kelas. Dengan demikian saat orang dari luar MAN 1 Banyumas datang berkunjung masih bertanya dimana letak perpustakaannya.

"Ruangan tersendiri tetapi kanan kirinya masih ruang kelas," pungkas Jahroni. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: