Jalan Gumelar - Karangpucung Cilacap Longsor Sepanjang 12 Meter

 Jalan Gumelar - Karangpucung Cilacap Longsor Sepanjang 12 Meter

aption- Peronil BPBD Banyumas saat melakukan assesment di jalan penghubung antara Kabupaten di Desa Tlaga RT 2 RW 01 Grumbul Jambenom Kecamatan Gumelar, Jumat (9/9/2022). -Foto BPDB Banyumas -

Radarbanyumas, Banyumas - Jalan Kabupaten penghubung antara Kecamatan Gumelar Banyumas dengan Kecamatan Karangpucung Cilacap, Desa Tlaga RT 2 RW 01 Grumbul Jambenom Kecamatan Gumelar longsor sepanjang 12 meter, dengan lebar 2 meter dan tinggi 20 meter. 

Terjadinya longsor itu diakibatkan adanya hujan dengan intensitas tinggi dan tanah dijalan yang kondisinya labil.

Budi Nugroho, Kepala Pelaksana BPBD Banyumas mengatakan, longsor itu terjadi sekitar pukul 17.30 WIB, Kamis (8/9) kemarin. 

"Sudah kita assesment Jumat kemarin, dan itu lonsgor karena hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang cukup lama dari pukul 14.00 WIB hingga malam," katanya Sabtu (10/9).

Sehingga hal itu membuat saluran drainase pada Jalan Kabupaten itu tidak mampu menampung debit air.

"Lalu air meluap ke jalan yang mengakibatkan badan Jalan penghubung Kabupaten, di Kecamatan Gumelar dengan Kabupaten Cilacap ini yang sudah retak-retak sebelumnya longsor," tambahnya. 

Meski longsor sepanjang 12 meter, dan lebar 2 meter serta tinggi 20 meter, namun Budi menjelaskan, jalan itu masih bisa dilewati baik kendaraan roda dua maupun roda empat. 

"Jalan dimungkinkan dapat terjadi Longsor susulan, dan terancam 1 rumah," lanjutnya. 

Pihaknya juga menerangkan, untuk penanganan sudah dilakukan pendataan dan koordinasi kemudian akan lakukan pengkajian ulang.

"Dari UPT PU juga sudah memasang rambu-rambu Jalan Longsor, kemudian dari Kades Sidamulya Kabupaten Cilacap akan memasang batu belah di sisi Jalan untuk dilewati kendaraan hotmix," terangnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: