Beri Layanan Kependudukan Pada Ibu Melahirkan, Dindukcapil Purbalingga Luncurkan Aplikasi Anak Ceria Jipat

Beri Layanan Kependudukan Pada Ibu Melahirkan, Dindukcapil Purbalingga Luncurkan Aplikasi Anak Ceria Jipat

Kepala Dindukcapil M Fathurohman saat memberikan sambutan dalam launching Aplikasi Anak Ceria Jipat di Pendapa Dipokusumo Purbalingga.-DINDUKCAPIL PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten PURBALINGGA mengeluarkan program baru, untuk mempermudah layanan kependudukan di Kabupaten PURBALINGGA.

Yakni, membangun Inovasi guna memberikan pelayanan Terintegrasi melalui Aplikasi Anak Ceria Jipat.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Purbalingga M Fathurohman mengatakan, dalam program tersebut Dindukcapi bekerjasama dengan rumah sakit pemerintah dan swasta di Kabupaten Purbalingga, serta BPJS Kesehatan.

BACA JUGA:Naik Trans Banyumas Bayar, Organda : Jadi Keadilan Buat Angkutan Lain

"Program ini mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan dan juga BPJS Kesehatan untuk anak yang baru lahir," katanya kepada Radarmas, Selasa, 30 Agustus 2022.

Sesuai dengan kepanjangan program Dindukcapil kabupaten Purbalingga tersebut, dijelaskan masyarakat bisa mendapatkan layanan administrasi kependudukan yang cepat, tepat, serta gratis.

"Siji olih papat (satu dapat empat, red) dalam satu kali mengurus," ujarnya.

BACA JUGA:Suhu Udara di Cilacap Terasa Dingin, Ini Penyebabnya

Yakni, dengan mendapatkan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak dan Kartu BPJS Kesehatan, untuk sekali mengurus saat kelahiran anak.

“Ini juga untuk meningkatkan layanan kependudukan di Purbalingga. Dan juga memberikan perlindungan kepada anak serta memudahkan orang tua mengurus administrasi kependudukan,” lanjutnya.

Selain itu latar belakang diluncurkannya program ini adalah banyak ibu yang baru melahirkan yang lupa untuk segera mengaktifkan kepesertaan BPJS kesehatan bayinya.

BACA JUGA:Dana Desa untuk Ketahanan Pangan di Banyumas Tidak Dalam Bentuk Uang, Ini Penjelasannya

"Sehingga diperlukan integrasi yang memudahkan ketika melahirkan, berkas-berkas tersebut sudah siap untuk diurus," lanjutnya.

Pihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit terkait program tersebut. Yakni, RSUD Goetheng Taroenadibrata,RS Panti Nugroho, RS At-tin Husada RS Siaga Medika, RS Ummu Hani, RSU Nirmala dan RS PKU Muhammadiyah Purbalingga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: