Mesin Baru, TPST Sumpiuh Dilengkapi Gibrik

Mesin Baru, TPST Sumpiuh Dilengkapi Gibrik

Karyawan TPST Sumpiuh mengoperasikan mesin baru, Kamis (25/8). Mesin gibrik memilah sampah organik dan non organik. -Foto Fijri Rahmawati/Radar Banyumas -

BANYUMAS-Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Sumpiuh kedatangan mesin baru pada Rabu (24/8). Tak menunggu lama, mesin langsung dioperasikan.

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sutarno menyampaikan mesin gibrig fungsinya sama dengan mesin pilah sampah sebelumnya.

Sedangkan perbedaannya, mesin gibrik tidak memakai pisau cacah. Sutarno menjelaskan mesin gibrik menggunakan gilas.

"Sampai hari ini masih tahap eksperimen mesin gibrik. Jadi, belum bisa menghitung atau menyimpulkan kubik sampah yang masuk ke mesin gibrik," terang Sutarno, Kamis (25/8).

Dari hasil pengamatan pada Rabu dari pukul 13.15 sampai 15.00 wib tercatat sampah sebanyak empat tosa masuk ke mesin gibrik.

Namun, tercatat beberapa jenis sampah yang sulit tergilas. Sehingga mengakibatkan mesin gibrik macet.

"Karyawan yang mengoperasikan sedang belajar lagi, sampah apa saja yang tidak tergilas oleh mesin gibrik. Mesin baru pola juga baru," kata Sutarno di kantornya.

Pada masa transisi dari mesin sebelumnya ke mesin gibrik. Karyawan di hari kedua operasional mesin gibrik masih uji coba. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: