Honda

Waspada! Ada Longsor di Daerah Hutan Pinus Gegerkondang Wanareja Cilacap

Waspada! Ada Longsor di Daerah Hutan Pinus Gegerkondang Wanareja Cilacap

Salah satu warga sedang memantau kondisi di lokasi longsor, Rabu (10/8/2022). -PIPIT UNTUK RADARMAS-

RADARBANYUMAS, CILACAP - Hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap semalam suntuk, menyebabkan bencana alam di wilayah Kecamatan Wanareja, Rabu (10/8/2022).

Berdasarkan data yang dihimpun Radar Banyumas, hujan tersebut menyebabkan tanah longsor di area hutan pinus, Kecamatan Wanareja. 

Salah satu warga, Pipit, menjelaskan, tepatnya longsor tersebut terjadi di daerah Gegerkondang. 

BACA JUGA:Ini 10 Langkah Penting Polri Hingga Bongkar Pembunuhan Berencana Brigadir J, Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka

Saat hendak berangkat bekerja, dia mengaku kesulitan untuk melintas lantaran longsor tanah dari sisi lereng hutan menutupi jalan. 

"Saat saya hendak melintas mau berangkat kerja kondisinya seperti itu. Beberapa pohon pinus juga tumbang," kata dia saat dihubungi Radar Banyumas, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, pagi tadi, warga sudah melakukan gotong royong untuk membersihkan tanah material longsor. Namun, jalan tersebut baru bisa dilalui kendaraan roda dua. 

BACA JUGA:Pernyataan Lengkap Irjen Ferdy Sambo Tersangka, Ayah Brigadir J Berterima Kasih ke Jokowi dan Kapolri

"Belum bisa dilalui roda empat, jalannya juga licin sekali, karena air masih terus mengalir dari lereng area hutan dan selokan," ujarnya. 

Pipit mengatakan, area tersebut memang kerap terjadi longsor karena tidak adanya selokan dan penguat tebing. Dia pun berharap, pihak terkait bisa segera membersihkan material longsor dan mengambil tindakan tempat. 

Sementara itu, Analis Kebencanaan Ahli Muda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Gatot Arif Widodo mengatakan, saat ini tim BPBD sedang menuju ke lokasi kejadian.

BACA JUGA:Nama Kasi Intel Kejari Purbalingga Dicatut untuk Penipuan Lewat WA

"Saat ini tim sedang ke lokasi untuk melakukukan pengecekan," kata dia. (ray)

Sumber: