Komisi C Dorong Pelayanan Unggulan Margono
Asfirla pimpin kunjungan ke RSUD Margono PURWOKERTO- Kemampuan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Margono Soekarjo Purwokerto berturut-turut merealisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) diatas target diapresiasi Komisi C DPRD Jateng. Ketua Komisi C DPRD Jateng Asfirla Harisanto mengatakan, dalam lima tahun terakhir misalnya, realisasi PAD berkisar antara 106 persen-121 persen dari target. "Kami sangat mengapresiasi hal itu, tahun lalu (2018) saja realisasinya Rp 378,19 miliar. Itu 110 persen dari target," katanya saat memimpin kunjungan kerja Komisinya ke RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo, Senin (18/3). Lebih lanjut Bogi, sapaan akrab politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan, rumah sakit milik Pemprov Jateng yang satu itu memiliki pelayanan unggulan di bidang bedah saraf, penanganan penyakit jantung dan penurunan kematian ibu dan bayi. "Masyarakat di bagian Selatan Jateng tidak perlu lagi ke rumah sakit Sardjito (Yogyakarta) atau Kariadi (Semarang) lagi, karena untuk bedah saraf maupun penyakit jantung, cukup ke RSUD Prof Dr Margono yang juga didukung peralatan medis yang canggih," ujarnya. Senada, anggota Komisi C Mustholih menyarankan, agar ditingkatkan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya tentang kemampuan RSUD Prof Dr Margono dalam penanganan khususnya penyakit jantung maupun bedah saraf. "Supaya masyarakat tidak perlu lagi bersusah payah ke luar Purwokerto untuk berobat. Karena sampai hari ini masih ada yang belum tahu hal itu," jelas politisi Partai Amanat Nasional itu. Diakui oleh dr. Haryadi Ibnu Junaedi, Direktur RSUD Prof Dr Margono Purwokerto, dalam lima tahun terakhir ini pihaknya memang berhasil merealisasikan PAD melampaui target yang ditetapkan. Yakni sebesar 121 persen atau Rp 263,04 miliar (2014); 110 persen atau Rp 277,37 miliar (2015); 106 persen atau Rp 308,43 miliar (2016); 109 persen atau Rp 321,88 miliar (2017) dan terakhir tahun 2018 lalu 110 persen (Rp 378,19 miliar). Adapun strategi yang ditempuh untuk mencapai target pendapatan, tambahnya, antara lain dengan mengoptimalkan sistem teknologi informasi yang memudahkan sekaligus mengikat pasien untuk tidak mudah pindah ke rumah sakit lain. "Misalkan untuk kapan kontrol, kita bisa kasih informasi detil harinya kapan jam berapa harus datang dan dipastikan tidak perlu mengantri lama," jelasnya. (ds)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: