Tips Menghemat BBM Motor Matic yang Harus Pengguna Pahami

Tips Menghemat BBM Motor Matic yang Harus Pengguna Pahami

Beberapa tips meningkatkan efisiensi bahan bakar sepeda motor matic agar sepeda motor matic Anda lebih hemat BBM yang harus pengguna pahami.-Fahma Ardiana-

 

Jika beban terlalu berat maka mesin sepeda motor matic akan bekerja lebih keras dan membutuhkan bahan bakar lebih banyak. 

Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan efisiensi bahan bakar dan keselamatan pengendara, sebaiknya tidak membawa barang bawaan terlalu banyak saat melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor matic.

4. Waktu Memanaskan Mesin Lebih Singkat

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang yang memanaskan mesin sepeda motor matic sebelum digunakan. Namun waktu yang dibutuhkan mesin untuk melakukan pemanasan sebenarnya cukup sebentar saja.

BACA JUGA:Rekomendasi Jenis BBM untuk Motor Matic Honda, Beat Mending Pertalite atau Pertamax?

BACA JUGA:Bingung Beli Jenis BBM untuk Motor Matic Yamaha? Ini Rekomendasi yang Tepat Sesuai Spesifikasi

Tentu saja, saat mesin memanas, sejumlah bahan bakar akan terpakai. Oleh karena itu, tidak memerlukan banyak waktu untuk memanaskan mesin agar tidak kehabisan bahan bakar.

Mesin motor matic membutuhkan waktu 3 sampai 5 menit untuk pemanasan. Sepeda motor matic keluaran baru memiliki sistem mesin yang lebih baik, sehingga pemanasan mesin tidak memerlukan waktu yang lama.

5. Ganti Oli Secara Berkala

Oli mesin motor matic jua bisa memengaruhi keiritan pemakaian BBM. Untuk mesin motor matic, usahakan memakai oli menggunakan taraf kekentalan menengah, yakni nir terlalu encer tetapi nir kental jua.

BACA JUGA:Lebih Baik Isi BBM Motor Matic Langsung Full Tank atau Setengah?

BACA JUGA:Spesifikasi Honda NX125RX: Motor Matic Irit BBM dengan Harga Rp 26 Jutaan

Oli yg terlalu kental akan menambah bobot mesin bertambah berat, sedangkan oli yg terlalu encer bisa menguap menggunakan mudah.

Selain menentukan oli yg pas buat sepeda motor matic, pengguna jua harus melakukan penggantian oli setiap 500 – 3.000 km atau dua bulan sekali.

6. Cek Sistem Pengapian

Hal yg perlu dicek buat menciptakan sepeda motor matic lebih ekonomis merupakan sistem pengapiannya, terutama apabila masih memakai karburator. Sistem pengapian perlu dijaga buat menghindari pengapian yg bermasalah.

BACA JUGA:Kapasitas Tangki BBM Motor Matic Vario 125 Varian Old

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: