Fitur ISS Bisa Bikin Motor Matic Jadi Irit Bensin , Mitos atau Fakta ?

Fitur ISS Bisa Bikin Motor Matic Jadi Irit Bensin , Mitos atau Fakta ?

Fakta mengenai ISS atau Idling Stop System pada sepeda motor matic yang memiliki fungsi untuk menghemat bahan bakar yang harus Anda ketahui.-Fahma Ardiana-

 

Saat Anda masuk ke mode ISS, logo ISS atau huruf A berwarna hijau akan ditampilkan di panel instrumen. Saat ISS dihidupkan, sensor sepeda motor matic diaktifkan dan memberikan masukan ke ECM atau modul kontrol mesin.

Saat pengemudi melakukan akselerasi, TPS atau sensor posisi throttle mengirimkan sinyal ke ECM. Saat mode ISS diaktifkan, sinyal dari TPS memberitahu alternator untuk menghidupkan mesin tanpa menyalakan starter motor matic.

Tentu saja starter yang digunakan harus model seamless. Honda menyebutnya dengan sebutan ACG atau generator arus bolak-balik. Sehingga mesin motor matic dapat hidup cepat dan tidak berisik seperti dinamo starter tradisional.

Persyaratan Motor Matic ISS

Ada beberapa persyaratan untuk peluncuran sepeda motor matic ISS, antara lain kecepatan mesin 1.700 rpm. Selain itu, suhu mesin harus di atas 60 derajat Celcius dan dilarang mengemudi dengan kecepatan melebihi 10 km/jam.

BACA JUGA:Cara Menggunakan Eco Indicator Agar Motor Matic Honda Genio Jadi Lebih Irit Bahan Bakar

BACA JUGA:Adu Spesifikasi Motor Matic Yamaha Nmax vs Honda PCX

Hanya jika kondisi ini terpenuhi maka mesin motor matic akan mati secara otomatis setelah berhenti 3 detik. Lalu berapakah penghematan bahan bakar sepeda motor matic dengan mengaktifkan fitur ISS?

Menurut data PT Astra Honda Motor (AHM), ISS mampu menghemat bahan bakar sepeda motor matic hingga 7%. Namun, dapat meningkat tergantung kondisi jalan dan lalu lintas. 

Tentu lebih hemat jika mengaktifkan ISS motor matic saat jalanan macet atau sering berhenti, disebut juga stop-and-gos. Jadi ISS ini memiliki fungsi penting untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar sepeda motor matic. 

Tentunya juga mengurangi gas buang saat tidak berkendara. Untuk menjaga kondisi sepeda motor matic anda tetap prima, rawatlah sepeda motor matic anda secara rutin di bengkel resmi. 

Pemeriksaan dan perawatan sepeda motor matic secara berkala kami lakukan di bengkel resmi untuk memastikan seluruh fitur dan komponen sepeda motor matic tetap berfungsi maksimal.

Itulah fakta mengenai Idling Stop System atau ISS motor matic yang memiliki fungsi untuk menghemat bahan bakar, yang harus Anda ketahui. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: