Tips Mencegah Karat pada Rangka Motor Matic

Tips Mencegah Karat pada Rangka Motor Matic

Mengenai beberapa hal yang menyebabkan terjadinya karat pada rangka sepeda motor matic lengkap dengan tips untuk mencegah karat pada rangka sepeda motor matic.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Apakah rangka motor matic Anda sudah berkarat? Ternyata, rangka berkarat tidak hanya berdampak pada penampilan motor matic, tetapi juga menyebabkan kerusakan parah, bahkan bisa mematahkan motor matic.

Karat pada rangka sepeda motor matic sendiri bisa terjadi pada berbagai komponen sepeda motor matic. Nah yang menjadi pertanyaan, mengapa Karat bisa terjadi pada sepeda motor matic?

Karat merupakan hasil proses kimia pada besi yang menghasilkan oksida besi, berupa bercak kuning-merah pada permukaan besi. Penyebab terjadinya proses tersebut terutama dikarenakan adanya pengaruh udara dan kelembapan. 

Namun karat ini juga bisa disebabkan oleh asam. Untuk mencegah terbentuknya karat, pabrikan sepeda motor matic biasanya melapisi permukaan logam dengan pernis pelindung.

BACA JUGA:Cicilan Kredit Murah Motor Matic Yamaha All New Aerox 155 Connected Aman Tanpa Riba, Mulai Rp900 Ribuan!

BACA JUGA:Bingung Mau Pilih Honda Genio atau Honda Scoopy ? Simak Perbedaan dan Persamaan Kedua Motor Matic Tersebut

 

Seiring berjalannya waktu, lapisan cat sepeda motor matic bisa tergores atau terkelupas. Bagian logam pada sepeda motor matic yang dilindungi cat terkena udara, lembab, cairan atau asam, maka logam tersebut dapat cepat berkarat.

Jika tidak ditangani, karat akan menyebar dan dapat merusak seluruh rangka motor matic. Oksida besi yang terbentuk dari karat, menyebabkan besi melemahkan dan menjadikan motor matic rapuh dan akhirnya merusak.

Kenapa lapisan cat pada sepeda motor matic bisa hilang?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hilangnya cat pada rangka sepeda motor matic Anda, berikut di bawah ini adalah penjelasan mengenai factor penyebab lapisan cat pada rangka sepeda motor matic bisa hilang.

BACA JUGA:Harga Motor Matic Suzuki Nex II Mulai Rp 18 Jutaan, Cuma Beda Tipis Tapi Tetap Bikin Bingung Pilih yang Mana!

BACA JUGA:Gak Sampai Bangkrut! Ini Daftar Harga Motor Matic 110-125 CC Terbaru Buat Kamu yang Irit, Mulai Rp 14 Jutaan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: