RS JIH Purwokerto Punya Layanan Pengobatan Glaukoma Terbaik

RS JIH Purwokerto Punya Layanan Pengobatan Glaukoma Terbaik

BERPENGALAMAN. RS JIH Purwokerto, mempunyai layanan pengobatan Glaukoma terbaik didukung dengan tenaga medis berpengalaman. -RS JIH UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO , RADARBANYUMAS.CO.ID -  'Si Pencuri Pengelihatan'. Adalah Julukan lain bagi penyakit Glaukoma, karena secara perlahan dan tidak sadar bisa menyebabkan kebutaan secara permanen. RS JIH PURWOKERTO, menjadi salah satu rumah sakit yang mempunyai tenaga medis berpengalaman serta peralatan canggih untuk penanganan glaukoma. 

Dokter spesialis mata RS JIH Purwokerto dr. Karina, Sp.M menuturkan, Glaukoma itu merupakan defisit neurologis optik, disertai mempunyai gangguan lapang pandang yang khas. Ditandai dengan adanya temuan klinis, dr mata menyebutnya sebagai " papil glaucomatousa"

"Adapun ciri-cirinya dari galaucoma, gangguan penglihatan, ada gangguan lapang pandang yang khas diserstai dengan adanya ada atau tidaknya peningkatan tekanan mata (tekanan intraokular) sebagai salah satu faktor resiko. Kenapa dia disebut sebagai pencuri pengelihatan, karena sifatnya ini irreversible dia tidak bisa kembali. Berbeda dengan katarak yang jika fungsi saraf maasih baik, maka optimasi visual dapat dimaksimalkan, tetapi kalau glukoma sudah terjadi, maka akan terjadi perubahan fisiologis berupa gangguan lapang pandang arcuata, lalu pin hole vision hingga kebutaan total yang permanen" kata dia. 

Glaukoma ia sebut, bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan tepat. Dan menjadi penyebab kebutaan tertinggi nomor dua setelah katarak.

"Ini menjadi penyebab kebutaan irreversibel paling tinggi jika tidak ditangani secara komprehensif" ujarnya. 

Penyebab glaukoma ia jelaskan, bisa terjadi karena berbagai faktor seperti genetik, ras, atau disebabkan oleh penyakit lain seperti gangguan pembuluh darah retina, penyakit diabetes melitus, infeksi mata, dan penggunaan obat-obatan stereoid. Ada juga glaukoma yang dibawa dari bayi ditandai denga trias glaucoma kongenital berupa (photophobia, epiphora and blepharospasm ). 

"Sebabnya masih menjadi perdebatan, salah satunya bisa karena gangguan mutasi genetika yang terjadi dari proses dalam kandungan. Penanganan komprehensif secara tepat bisa menahan  prognosis buruk agar tidak menjadi buta," ujarnya. 

RS JIH Purwokerto menyediakan layanan penanganan dan pengobatan Glaukoma dari mulai skrining, terapi, hingga operasi. Didukung dengan tenaga medis profesional dibidangnya dan peralatan canggih, RS JIH Purwokerto menjadi salah satu rumah sakit terbaik untuk penanganan glaukoma. 

"Semua layanan terapi kita bisa dari screening, terapi laser, pembedahan trabekulektomi, dan terapi bedah pendukung glaukoma " pungkasnya. (res/Ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: