Update Kekeringan di Purbalingga, Sembilan Desa Terdampak Kekurangan Air Bersih

Update Kekeringan di Purbalingga, Sembilan Desa Terdampak Kekurangan Air Bersih

Penyaluran bantuan air bersih yang dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Purbalingga, di wilayah kekurangan air bersih.-BPBD PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Bencana kekeringan atau kekurangan air bersih di di Kabupaten Purbalingga, terus meluas. Kini sudah sembilan desa di delapan kecamatan yang terdampak bencana kekeringan.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Prayitno mengatakan, total realisasi distribusi air bersih sampai Senin, 26 Agustus 2024, sejumlah 65 tangki atau 325.000 liter.

"Dengan rincian distribusi atau bantuan air bersih yang berasal dari BPBD sebanyak 61 tangki dan dari Lazis Jateng sebanyak empat tangki," katanya kepada Radarmas, Senin, 26 Agustus 2024 pagi.

Total air bersih yang sudah terdistribusikan ke wilayah yang kekurangan air bersih sebanyak 325 ribu liter.

BACA JUGA:Atasi Krisis, BPBD Siapkan 2,5 Juta Liter Bantuan Air Bersih

BACA JUGA:Kekeringan, Pemkab Purbalingga Salurkan 155 Ribu Liter Air Bersih

Dia menambahkan, total penerimaan manfaat yang terdampak bencana kekeringan sejumlah  2.856 KK atau 9.897 jiwa atau orang.

"Wilayah terdampak kekeringan saat ini, berjumlah sembilan desa, yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Purbalingga," tambahnya.

Dijelaskan, wilayah kecamatan yang sudah terdampak bencana kekurangan air bersih adalah Kejobong,Kertanegara, Kemangkon, Kaligondang, Karangmoncol, Karangreja, Karanganyar, serta Rembang.

Sedangkan, desa yang terdampak adalah Bokol (Kemangkon), Karangpucung (Kecamatan Kertanegara), Pandansari (Kejobong), Arenan dan Sidanegara (Kaligondang), Serang (Karangreja), Pepedan (Karangmoncol), Wanogara Kulon (Rembang), serta Brakas (Karanganyar).

BACA JUGA:Kekeringan Meluas di Purbalingga,Enam Kecamatan Terdampak Kekurangan Air Bersih

BACA JUGA:Dana Siap Pakai Rp 200 Juta Disiapkan untuk Atasi Krisis Air Bersih di Purbalingga

Sementara itu, pada tahun 2023, sebanyak 82 desa di 15 kecamatan di wilayah Kabupaten Purbalingga, yang terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih. 

BPBD juga siap mendistribusikan bantuan air bersih kepada warga yang kekurangan air bersih, berapa pun permintaan yang diajukan. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: