Bantuan Keuangan Khusus Untuk Desa Telan Rp 43,39 Miliar

Bantuan Keuangan Khusus Untuk Desa Telan Rp 43,39 Miliar

Sambutan : Bupati Tiwi saat sambutan di acara Apresiasi Bangga Membangun Desa, Rabu 21 Agustus 2024.-Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Purbalingga, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purbalingga, mencatat sejak tahun 2023 hingga 2024, telah mengalokasikan anggaran untuk bantuan keuangan khusus (BKK) hingga Rp 43,39 Miliar.

Masing-masing untuk pemerintah desa yang digunakan di sektor pembangunan, pemberdayaan dan pemerintahan.

"Kami terus berkomitmen untuk mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan fasilitasi percepatan pembangunan desa melalui BKK kepada pemerintah desa," kata Kepala Dinpermasdes Purbalingga, Eni Sosiatman, saat acara penerimaan penghargaan “Apresiasi Bangga Membangun Desa” di GOR Indoor Sasana Krida Perwira Kabupaten Purbalingga, Rabu 21 Agustus 2024.

Lebih lanjut terinci, pada tahun 2023, total anggaran yang dialokasikan, termasuk di APBD perubahan, mencapai Rp 28,09 miliar. Sedangkan pada tahun 2024 ini, anggaran dari APBD murni sebesar Rp 15,30 miliar.

BACA JUGA:Dana Desa Tahun 2024 Naik Rp 2,6 Miliar

BACA JUGA:Dana Desa Bisa Untuk Perbaikan Jalan

Pada kesempatan yang sama, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengungkapkan kegiatan Apresiasi Bangga Membangun Desa merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah daerah kepada desa beserta seluruh unsur penyelenggara pemerintah desa.

"Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pemacu semangat bagi desa dan jajaran pemerintah desa agar mereka benar-benar dapat mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan di desa," kata Bupati.

Selain memfasilitasi anggaran pihaknya juga memberikan apresiasi dan reward/penghargaan kepada desa yang menunjukkan kinerja terbaik. Semangat berkompetisi penting untuk memacu semua menjadi lebih baik..

Sebagai bentuk apresiasi, desa pemenang diberikan hadiah berupa satu unit sepeda motor. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada kepala desa dan perangkat desa terfavorit, yang salah satu reward-nya adalah ibadah umrah gratis. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: