Kekeringan, Pemkab Purbalingga Salurkan 155 Ribu Liter Air Bersih

Kekeringan, Pemkab Purbalingga Salurkan 155 Ribu Liter Air Bersih

Penyaluran air bersih yang dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga telah mendistribusikan 155 ribu liter air bersih selama musim kemarau ini.

Distribusi air bersih ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan air atau kekeringan di beberapa wilayah di Kabupaten Purbalingga.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Purbalingga, Prayitno, mengatakan bahwa pihaknya telah mendistribusikan total 31 tangki air bersih ke wilayah-wilayah yang mengalami kekurangan air.

"Total 155 ribu liter air bersih telah terdistribusikan," katanya kepada Radarmas, Selasa, 20 Agustus 2024.

BACA JUGA:Kekeringan Meluas di Purbalingga,Enam Kecamatan Terdampak Kekurangan Air Bersih

BACA JUGA:Kekeringan Mulai Terasa di Purbalingga, Satu Desa di Kejobong Minta Droping Air Bersih

Dia menambahkan bahwa air bersih yang didistribusikan merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui BPBD. Dana untuk distribusi ini berasal dari APBD Kabupaten Purbalingga.

Air bersih tersebut didistribusikan ke enam desa di enam kecamatan, yaitu Desa Bokol (Kecamatan Kemangkon), Karangpucung (Kecamatan Kertanegara), Pandansari (Kecamatan Kejobong), Sidanegara (Kecamatan Kaligondang), Pepedan (Kecamatan Karangmoncol), dan Serang (Kecamatan Karangreja).

Total warga yang terdampak kekeringan atau kekurangan air bersih mencapai 7.478 orang atau 2.083 Kepala Keluarga (KK).

Prayitno menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendistribusikan air bersih kepada warga yang mengajukan bantuan. "Kami siap mendistribusikan kepada masyarakat," ujarnya.

Selain mendistribusikan air bersih, BPBD Kabupaten Purbalingga juga meminjamkan tempat penampungan air bersih atau toren ke desa-desa yang mengalami kekurangan air. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: