Diisi Pimpinan Sementara, Formasi Pimpinan DPRD Kabupaten Purbalingga Lengkap Bulan Depan

Diisi Pimpinan Sementara, Formasi Pimpinan DPRD Kabupaten Purbalingga Lengkap Bulan Depan

Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Purbalingga periode 2024-2029 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna pada 19 Agustus 2024.-Aditya/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Formasi pimpinan DPRD Kabupaten Purbalingga periode 2024-2029 diprediksi akan lengkap pada bulan September mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Sementara DPRD Kabupaten Purbalingga HR Bambang Irawan.

“Mengacu pada pengalaman sebelumnya, biasanya paling lambat pertemuan September sudah ada nama lengkap untuk pimpinan dewan,” kata Bambang Irawan.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih menunggu surat dari partai politik (parpol) empat besar yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Purbalingga untuk menyerahkan nama-nama yang akan duduk di pimpinan dewan.

Meskipun sebenarnya pimpinan dewan bisa langsung bekerja sebelum formasi lengkap, Bambang Irawan lebih memilih agar semua parpol sudah menyetor nama-nama mereka sebelum pengesahan.

BACA JUGA:Resmi Dilantik, DPRD Kabupaten Purbalingga Periode 2024-2029 Dihuni 19 Wajah Baru

BACA JUGA:Besok Dilantik, Anggota DPRD Kabupaten Purbalingga Baru Didominasi Muka Lama

Pimpinan dewan akan terdiri dari PDIP, PKB, PKS, dan Partai Golkar. PDIP, sebagai parpol dengan perolehan kursi terbanyak, akan menduduki posisi ketua DPRD dengan 14 kursi.

Posisi wakil ketua pertama akan menjadi milik PKB dengan sembilan kursi. PKS, yang memperoleh tujuh kursi, akan mengisi posisi wakil ketua kedua, sedangkan posisi wakil ketua ketiga akan diisi oleh Partai Golkar dengan enam kursi.

Dengan formasi ini, PDIP mencatatkan rekor sebagai parpol yang menguasai posisi ketua DPRD sejak Pemilu 1999 hingga sekarang.

Sebelum formasi pimpinan dewan lengkap, telah ditunjuk pimpinan dewan sementara. HR Bambang Irawan dari PDIP ditunjuk sebagai Ketua DPRD sementara, sementara Aman Waliyudin dari PKB akan menjabat sebagai Wakil Ketua Sementara.

Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Purbalingga periode 2024-2029 telah dilakukan pada Senin, 19 Agustus 2024 di Ruang Rapat Paripurna. Sebanyak 50 anggota dilantik, terdiri dari 31 anggota lama dan 19 anggota baru. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: