Permintaan Tinggi dan Pendonor Minim, Stok Darah di UDD PMI Kabupaten Purbalingga Kembali Krisis

Permintaan Tinggi dan Pendonor Minim, Stok Darah di UDD PMI Kabupaten Purbalingga Kembali Krisis

Kegiatan donor darah massal yang dilaksanakan oleh Polres Purbalingga.-Humas Polres Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Krisis stok darah kembali melanda Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Purbalingga. Kondisi ini terjadi akibat minimnya jumlah pendonor yang datang untuk mendonorkan darah mereka ke UDD PMI Kabupaten Purbalingga.

"Stok darah dalam kondisi krisis. Pendonor yang datang jumlahnya sangat sedikit," ungkap Kepala UDD PMI Kabupaten Purbalingga, dr. Mey Dian Intan Sari, kepada Radarmas pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Selain kurangnya pendonor, dr. Mey juga menyebutkan bahwa tingginya permintaan darah dari masyarakat menjadi salah satu faktor penyebab minimnya stok darah di UDD PMI Kabupaten Purbalingga.

Menurut dr. Mey, stok darah yang mengalami krisis adalah golongan A dan AB. Berdasarkan data terakhir, stok darah golongan A tersedia sebanyak 11 kantong untuk darah lengkap, 9 kantong untuk trombosit, dan 8 kantong untuk plasma darah.

BACA JUGA:Pendonor Turun dan Permintaan Naik, Stok Darah Golongan O di UDD PMI Kabupaten Purbalingga Krisis

BACA JUGA:Stok Darah Semua Golongan di UDD PMI Kabupaten Purbalingga Kritis

Stok darah golongan AB hanya mencukupi kebutuhan untuk satu hari, dengan 4 kantong darah lengkap, 11 kantong trombosit, dan 8 kantong plasma darah.

Stok darah golongan O dan B juga hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama tiga hingga lima hari. Idealnya, stok darah harus mencukupi kebutuhan lebih dari lima hari ke depan.

Untuk mengatasi krisis stok darah ini, UDD PMI Kabupaten Purbalingga bekerja sama dengan jejaring UDD PMI di kabupaten tetangga untuk mendapatkan tambahan stok darah serta terus menggelar kegiatan donor darah.

"Kami bekerja sama dengan jejaring untuk droping darah dan kegiatan donor darah tetap berjalan," jelas dr. Mey.

BACA JUGA:Libur Lebaran, Stok Darah Golongan AB di UDD PMI Kabupaten Purbalingga Krisis

BACA JUGA:Selama Ramadan Stok Darah di Banjarnegara Dipastikan Aman

Di tengah krisis stok darah ini, Polres Purbalingga turut berpartisipasi dengan menggelar kegiatan donor darah massal. Kegiatan tersebut diikuti oleh personel Polres Purbalingga dan polsek jajaran.

Kasi Dokkes Polres Purbalingga, Iptu dr. Nikko Aulia Rachman, mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan untuk membantu menambah stok darah di PMI Purbalingga yang semakin menipis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: