0,2 Hektar Lahan di Desa Karangendep, Patikraja Terbakar

0,2 Hektar Lahan di Desa Karangendep, Patikraja Terbakar

Kebakaran lahan di Desa Karangendep, Patikraja, Rabu (7/8/2024). dok. -TANGKAPAN LAYAR VIDEO WARGA-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kebakaran lahan melanda Desa Karangendep, Kecamatan Patikraja, pada Rabu sore (7/8/2024). Kebakaran tersebut terdeteksi pertama kali pada pukul 17.30 WIB ketika api terpantau di bekas tebangan petak 34c. 

Kebakaran ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan warga setempat karena kondisi cuaca yang cukup kering.

Kepala BPBD Banyumas, Budi Nugroho, menjelaskan bahwa segera setelah laporan diterima, penanganan darurat langsung dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari MPA Pati Geni, Babinsa, dan Perhutani BKPH Kebasen. 

BACA JUGA: 57 Orang Warga Desa Prapagan yang Diduga Korban Keracunan Masih Dirawat

"Begitu menerima informasi awal, tim kami segera meluncur ke lokasi kejadian dan mengkoordinasikan operasi pemadaman," kata Budi Nugroho.

Upaya pemadaman tidak hanya melibatkan BPBD, tetapi juga MPA Pati Geni, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perhutani BKPH Kebasen, perangkat desa, dan masyarakat setempat.

"Kolaborasi antar lembaga dan partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam menangani kebakaran ini. Kami bekerja sama untuk memastikan api tidak menyebar lebih luas," tambah Budi Nugroho.

BACA JUGA:Wisatawan Diminta Waspada, Ada Potensi Gelombang Tinggi di Pesisir Cilacap

Selama proses pemadaman, BPBD berperan dalam mengkoordinasikan dan mengendalikan operasi di lapangan. Pada pukul 20.14 WIB, proses pemadaman secara intensif dilakukan dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.30 WIB. 

"Luas area yang terbakar mencapai sekitar 0,2 hektar. Berkat kerja cepat dan koordinasi yang baik, kebakaran ini dapat segera diatasi," jelas Budi Nugroho. (dms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: