Wacana Jalan Tol Via Purbalingga Belum Ada Kejelasan

Wacana Jalan Tol Via Purbalingga Belum Ada Kejelasan

Jalan di Kemangkon yang digadang-gadang bakal menjadi lintasan exit tol di Purbalingga.-Dok Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan area pantai utara (Pantura) dan pantai selatan (Pansela), sudah bergulir sejak awal 2020 silam. Namun sampai tahun 2024 ini Pemkab Purbalingga belum menerima progress kelanjutan realisasi itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Purbalingga, Istanto Sugondo, Senin 5 Juli 2024 menjelaskan, pihaknya belum diperintah rapat atau membahas soal jalan tol itu.

"Perkembangan terbaru belum ada, termasuk rapat-rapat pembahasan di tingkat pusat dan provinsi kami belum terima surat. Jadi belum jelas realisasinya," katanya.

Asisten 2 Sekda Purbalingga, Mukodam mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi yang valid terkait progress realisasi jalan Tol. "Kami masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat," katanya.

BACA JUGA:Ada Patok Tol di Toyareka Purbalingga, Disebut Rangkaian Trase Tol Brebes - Cilacap, Kebagian Exit Tol Untuk A

BACA JUGA:Exit Tol di Sumpiuh, Rest Area Kemranjen, Begini Rencana Desain Jalan Tol Yogyakarta-Cilacap

Seperti diketahui, sejak rencana awal, jalan tol yang melewati Banyumas ke arah timur ke arah Purbalingga, dan pintu keluar tol di daerah Ajibarang. Namun belum diketahui informasi lebih lanjut dan belum ada pembahasan kembali soal itu.

Pantauan Radarmas di lapangan wilayah Purbalingga, pemasangan patok awal adanya rencana jalan tol sudah dilakukan pemerintah. Hanya saja patok sudah berubah lagi dalam beberapa bulan lalu. Misalnya warga di Desa Toyareka, Kemangkon yang tanahnya bakal dilalui jalan itu juga belum mengerti kepastian realisasinya.

Disisi lain, karena melalui Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, maka warga Purbalingga khususnya yang rencananya dilintasi proyek jalan Tol yang itu, sudah menunggu dan menyambut baik. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: