24 Ribu Bibit Ayam di Sunyalangu Terbakar Kerugian Capai Rp1,3 Miliar

24 Ribu Bibit Ayam di Sunyalangu Terbakar Kerugian Capai Rp1,3 Miliar

Personel Damkar saat melakukan proses pendinginan di lokasi kebakaran kandang ayam, di Desa Sunyalangu, Karanglewas, Kamis (25/7/2024). -DAMKAR BANYUMAS UNTUK RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kebakaran hebat melanda kandang ayam milik Bapak Suparno di Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas pada Kamis, 25 Juli 2024. Kebakaran yang terjadi di Jalan Walangsanga RT/RW 01/01 tersebut mengakibatkan kerugian material yang ditaksir mencapai 1,3 miliar rupiah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banyumas, Andaru Budilaksono, menjelaskan bahwa laporan kebakaran pertama kali diterima pada pukul 11.40 WIB melalui call center. 

"Setelah mendapat laporan, kami segera merespons laporan tersebut dengan mengirimkan personil Regu 1 Damkar Induk beserta tim rescue dan Regu 3 dari Pos Damkar Kembaran ke lokasi kejadian," kata Andaru.

BACA JUGA:Athalia Sulap Wajah dan Kuku Jadi Cantik dengan Beragam Promo di Purwokerto Wedding Expo 2024

Personil pemadam tiba di lokasi pada pukul 11.50 WIB dan langsung melakukan tindakan pemadaman. Menurut keterangan yang dihimpun oleh tim Damkar di tenpat kejadian, kebakaran bermula sekitar pukul 11.15 WIB ketika terdengar suara letupan di kandang ayam. 

Setelah dicek, terlihat api sudah menyala di bagian tengah atas kandang ayam. Pemilik dan warga sekitar berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, sebelum akhirnya menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Api berhasil dipadamkan pada pukul 14.00 WIB dengan menggunakan dua unit pemadam dari kantor induk dan satu unit dari pos Kembaran," lanjut Andaru.

BACA JUGA:Stok Beras di Kabupaten Cilacap Dipastikan Aman

Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik yang terjadi di kandang ayam. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, kerugian material yang dialami cukup besar, karena menurut pemiliknya, kandang tersebut baru diisi 24 ribu bibit ayam.

Andaru juga mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan memastikan instalasi listrik di tempat tinggal atau usaha mereka aman untuk menghindari kejadian serupa di masa depan. (dms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: