Aktivasi IKD Jauh Dari Target, Ini Upaya Disdukcapil Cilacap

Aktivasi IKD Jauh Dari Target, Ini Upaya Disdukcapil Cilacap

Salah satu admin Disdukcapil Cilacap saat melayani permohonan menggunakan metode video call.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap terus mengupayakan akselerasi untuk pencapaian aktivasi Indentitas Kependudukan Digital (IKD) bagi masyarakat.

Salah satunya dengan menggunakan pelayanan online dimana masyarakat bisa melakukan kontak dengan admin dengan cara melakukan video call.

"Kita lakukan inovasi dengan pengadaan Handphone bagi admin di kantor Disdukcapil induk sebanyak 8 unit, itu khusus untuk melayani masyarakat yang hendak melakukan aktivasi IKD," Kata Kepala Disdukcapil Cilacap Annisa Fabriana, Selasa (23/7/2024).

Dengan metode tersebut, Annisa mengaku, masyarakat yang mengajukan permohonan aktivasi IKD mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

BACA JUGA:Tahun Ajaran Baru, SD N 03 Bulusari Kabupaten Cilacap Cuma Dapat 5 Orang Siswa

BACA JUGA:Tugu Simpang Tiga Gumilir Cilacap Mulai Dibangun dan Bakal Ganti Nama

"Kalau sebelum bulan Mei, setiap hari hanya mampu mengakomodir tidak lebih dari 100 masyarakat. Tapi sekarang rata-rata bisa mencapai 1.000 dalam 1 hari," tegasnya.

Terkait jumlah masyarakat yang sudah melakukan aktivasi IKD, Annisa menyebut baru sekitar 80 ribu dari sekitar 1, 5 juta masyarakat Kabupaten Cilacap yang wajib memiliki KTP.

"Padahal kita di bulan November ditarget harus minimal 50 persen jumlah masyarakat ber IKD. Tapi jika dilihat dari capaian, kami berani bersaing dengan Kabupaten/Kota lainnya," tandasnya.

Meski dengan kondisi itu, Annisa meyakini masyarakat Kabupaten Cilacap yang sudah memiliki KTP akan melakukan aktivasi IKD secara keseluruhan dengan catatan skema seperti saat ini berjalan tanpa ada kendala.

"Kita sih optimis, apalagi selain dengan permohonan online sekarang kita juga melakukan jemput bola aktivasi IKD hingga ke kantor Desa atau Kelurahan," tutupnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: