Tahun Ajaran Baru, SD N 03 Bulusari Kabupaten Cilacap Cuma Dapat 5 Orang Siswa

Tahun Ajaran Baru, SD N 03 Bulusari Kabupaten Cilacap Cuma Dapat 5 Orang Siswa

Kegiatan belajar mengajar di SD N 03 Bulusari Kecamatan Gandrungmangu terus berlangsung meski dengan jumlah murid yang terbatas.-Muhlasin untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Memasuki tahun ajaran baru 2024/2025, SD Negeri (SD N) 3 Bulusari Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, hanya memiliki 5 siswa yang duduk di kelas 1. Bahkan, total murid dari kelas I hingga kelas VI hanya ada 23 murid.

Kepala SD N 03 Bulusari, Muhlasin saat dikonfirmasi mengatakan, hampir setiap tahun ajaran baru sekolahnya sepi pendaftar.

"Setiap tahun ajaran baru, sekolah kami selalu sepi pendaftar. Bahkan pada tahun 2022, sempat tidak membuka pendaftaran. Sehingga sekarang kita tidak punya siswa kelas 3," katanya, Selasa (23/7/2024).

Menurutnya, ada sejumlah faktor yang menyebabkan sekolah tersebut minim pendaftar. Diantaranya jarak antar sekolah yang terlalu berdekatan yakni hanya berjarak 500 meter saja.

BACA JUGA:Tugu Simpang Tiga Gumilir Cilacap Mulai Dibangun dan Bakal Ganti Nama

BACA JUGA:Batik Cilacap Belum Memilliki Ciri Khas, Dibuat Berdasarkan Pesanan

"Kita hanya mengandalkan dari 4 RT yang berada di sekitar sekolah ini saja," tandasnya.

Disamping itu, dengan jumlah penduduk yang terbatas terdapat sekolah lain yang hanya berjarak sekitar 500 meter, sehingga pihaknya harus berbagi dengan sekolah lain itu terkait penerimaan siswa baru.

"Tapi kita akan tetap pastikan kegaiatan belajar mengajar akan terus berjalan termasuk kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada murid baru," tegasnya.

Padahal untuk mengatasi kondisi tersebut, pihaknya telah melakukan upaya promosi kepada warga sekitar dan juga koordinasi dengan pihak desa.

"Kita sudah berkordinasi dengan semua lembaga terkait, kita meminta saran serta masukan dari mereka bagaimana supaya orang tua murid mau menyekolahkan anaknya ke sekolah kami," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: