Akhir Pekan, Ada Potensi Gelombang Tinggi di Cilacap

Akhir Pekan, Ada Potensi Gelombang Tinggi di Cilacap

Suasana di Pantai Sidayu Binangun.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Nelayan di Kabupaten CILACAP diminta waspada terhadap ancaman gelombang tinggi di perairan CILACAP. Terlebih pada akhir pekan ini, kondisi gelombang tinggi mencapai 4,0 meter.

"Kami harap jika hendak melaut, nelayan bisa memperhatikan kondisi gelombang. Apalagi ini masih ada potensi gelombang tinggi di perairan Cilacap," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Meteorologi, Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, Jumat (19/7/2024).

Dikatakan Teguh, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara - barat daya dengan kecepatan angin berkisar 6 - 25 knot.

"Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur - tenggara dengan kecepatan angin berkisar 10 - 30 knot," katanya.

BACA JUGA:Lima Orang Caleg Terpilih Hasil Pemilu 2024 Kabupaten Cilacap Belum Laporkan Harta Kekayaan

BACA JUGA:Awaluddin Muuri Mengajukan Pengunduran Diri dari Penjabat Bupati Kabupaten Cilacap

Teguh mengatakan, tinggi gelombang di perairan selatan Cilacap 2,5 - 4,0 meter. Tinggi 4,0 meter tersebut masuk kategori tinggi. Sehingga masyarakat yang beraktivitas di laut untuk memperhatikan kondisi gelombang.

Sementara itu Kepala UPT BPBD Kroya, Mijan mengatakan, saat akhir pekan sejumlah wisata pantai di wilayah Cilacap timur selalu ramai, sehingga pihaknya terus melakukan pemantauan di tempat wisata.

"Kita berkerjasama dengan unsur pentahelix untuk memantau kondisi gelombang di pesisir Cilacap. Apalagi biasanya setiap akhir pekan banyak wisatawan juga," katanya. 

Dikatakan Mijan, biasanya saat gelombang tinggi, sering terjadi genangan di wilayah pesisir. Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat yang berwisata lebih waspada.

"Begitu juga dengan warung - warung yang biasanya ada di bibir pantai perlu perhatikan kondisi gelombang. Karena biasanya faktor cuaca dan gelombang tinggi juga, aliran air sungai tertahan di perairan tidak bisa mengalir ke laut, sehingga terkadang menyebabkan genangan. Semoga tidak terjadi di Cilacap," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: