Wajib Tau! 7 Alasan Mengisi Ban Motor Matic dengan Nitrogen

Wajib Tau! 7 Alasan Mengisi Ban Motor Matic dengan Nitrogen

Wajib Tau! 7 Alasan Mengisi Ban Motor Matic dengan Nitrogen-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Alasan mengisi ban motor matic dengan nitrogen, menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Para pengendara motor matic pasti paham bahwa menjaga kondisi ban, adalah hal yang krusial. Ban yang terawat dengan baik, akan memberikan kenyamanan dan keamanan saat Anda melintasi jalanan.

Salah satu cara untuk menjaga kondisi ban motor matic, adalah dengan mengisinya dengan nitrogen. Nitrogen merupakan gas inert (tidak reaktif) yang membentuk 78% atmosfer bumi.

 

Dibandingkan dengan angin biasa yang sebagian besar terdiri dari oksigen, nitrogen menawarkan beberapa keunggulan dalam hal pengisian ban motor matic. Berikut 7 alasan mengisi ban motor matic dengan nitrogen:

1. Tekanan Ban yang Lebih Stabil dan Tahan Lama

Salah satu keunggulan utama nitrogen, adalah molekulnya yang lebih besar dibandingkan dengan molekul oksigen. Akibatnya nitrogen memiliki sifat tidak mudah bocor melalui pori-pori ban yang mikroskopis.  

BACA JUGA:Terungkap! 7 Alasan Motor Matic Honda Airblade 160 Jadi Primadona Anak Muda

BACA JUGA:Yuk Simak! 7 Alasan Memilih Motor Matic Suzuki Burgman Street 125EX

Hal ini membuat tekanan ban motor matic yang diisi nitrogen lebih stabil dan tahan lama, bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem seperti udara yang sangat panas atau dingin.

Ban yang diisi nitrogen dapat menahan tekanan hingga 3 kali lebih lama, dibandingkan dengan ban yang diisi angin biasa.

Ini berarti Anda tidak perlu repot-repot  mengecek tekanan ban motor matic Anda terlalu sering. Anda pun bisa berkendara dengan lebih tenang, karena mengetahui tekanan ban berada dalam kondisi optimal untuk keamanan dan performa berkendara.

2. Mengurangi Keausan Ban dan Menghemat Biaya

Tekanan ban yang stabil dengan nitrogen, membantu menjaga keausan ban lebih merata di seluruh permukaannya. Ini berbeda dengan ban yang diisi angin biasa, di mana fluktuasi tekanan dapat menyebabkan keausan ban tidak merata  di bagian tertentu.  

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! 7 Alasan Memilih Motor Matic Callisto 110, Berdesain Futuristis dan Sporty

BACA JUGA:Waspadai! 7 Akibat Motor Matic Jarang Servis Mesin

Akibatnya, ban menjadi lebih cepat aus dan perlu diganti lebih sering. Ban yang diisi nitrogen dapat bertahan hingga 2.000 km lebih lama, dibandingkan dengan ban yang diisi angin biasa.  

Hal ini tentu akan  menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang, karena Anda tidak perlu  sering membeli ban baru. Dengan kata lain nitrogen bukan hanya menguntungkan dari segi performa, melainkan juga menguntungkan secara ekonomis.

3. Peningkatan Handling Motor untuk Pengendalian Lebih Baik

Tekanan ban yang stabil dengan nitrogen  juga dapat meningkatkan handling motor matic Anda. Ban yang terisi dengan baik membuat handling motor lebih  stabil di berbagai kondisi jalan.  

Anda akan merasakan pengendalian yang lebih baik saat berkendara di jalan lurus, berbelok, maupun di jalan yang tidak rata.

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Matic Murah, Bahkan Sudah Keyless

BACA JUGA:Yuk Kenali! 8 Faktor Penyebab Perpak Mesin Motor Matic Rembes, dan Solusinya

Nitrogen membantu menjaga bentuk ban tetap ideal. Dengan bentuk ban yang ideal maka handling motor menjadi lebih presisi, dan Anda dapat  mengendalikan motor dengan lebih mudah dan percaya diri.

4. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar untuk Hemat BBM

Tekanan ban yang optimal, berperan penting dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar motor matic Anda. Ban yang diisi nitrogen membantu mengurangi rolling resistance, atau hambatan gulir yang dialami ban saat berkontak dengan permukaan jalan.  

Akibatnya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Ban yang diisi nitrogen  dapat menghemat bahan bakar hingga 3%.  

Meskipun terlihat  sedikit penghematan ini dapat  berarti Anda bisa menempuh jarak lebih jauh, dengan sekali pengisian bahan bakar. Dalam  jangka panjang, penghematan ini tentu akan berdampak pada pengeluaran Anda untuk biaya bahan bakar.

5. Menjaga Keamanan Berkendara dengan Mencegah Ban Pecah

Tekanan ban yang stabil merupakan faktor penting dalam menjaga keamanan berkendara. Ban yang diisi nitrogen memiliki risiko lebih kecil mengalami tekanan ban berlebih, sehingga risiko ban pecah pun menjadi lebih minim.

BACA JUGA:Wajib Tau! 7 Tanda Motor Matic Perlu Ganti Oli Mesin

BACA JUGA:Dijamin Cocok untuk Kaum Wanita ! Inilah Rekomendasi Motor Matic dengan Mesin Paling Bandel

Nitrogen memiliki sifat yang lebih dingin dibandingkan dengan angin biasa. Sifat inilah yang membuat ban yang diisi nitrogen tidak mudah memuai saat terkena panas.

Hal ini berbeda dengan ban yang diisi angin biasa, di mana peningkatan temperatur dapat  menyebabkan tekanan ban meningkat  secara signifikan. Dan berpotensi menimbulkan ban pecah,  terutama saat berkendara di jalan tol atau dalam kondisi cuaca panas.

6. Ramah Lingkungan untuk Melestarikan Bumi

Nitrogen merupakan gas mulia yang tidak beracun dan tidak mudah terbakar. Penggunaan nitrogen pada ban motor matic tidak menghasilkan emisi gas buang, sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan angin biasa.

Ban yang diisi nitrogen dapat membantu mengurangi polusi udara.  Hal ini tentu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan manusia dan melestarikan lingkungan, untuk generasi yang akan datang.

7. Biaya Terjangkau dan Mudah Didapatkan

Biaya untuk mengisi ban motor matic dengan nitrogen, tidak jauh berbeda dengan biaya untuk mengisi angin biasa.  Saat ini banyak bengkel dan SPBU yang sudah menyediakan layanan pengisian nitrogen,  anda dapat dengan mudah menemukan tempat untuk mengisi nitrogen ban motor matic Anda.

BACA JUGA:Bersaing, Manakah yang Lebih Unggul Antara Motor Matic Honda Vario 160 dengan Samurai 155 ?

BACA JUGA:Jadi Motor Matic Honda Terlaris, Inilah Perbandingan Honda Vario vs Honda Beat

Dengan mempertimbangkan alasan mengisi ban motor matic dengan nitrogen, menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan, penghematan, dan kepedulian terhadap lingkungan. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: