5 Efek Negatif Melumasi Rantai Motor Matic Dengan Oli Bekas

5 Efek Negatif Melumasi Rantai Motor Matic Dengan Oli Bekas

Kumpulan efek negatif melumasi rantai motor matic dengan oli bekas-Pinterest -

BACA JUGA:Makin Stylish, Inilah Fitur Terbaru Motor Matic Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2024

2. Kontaminasi Kotoran dan Partikel Logam

Selama digunakan, oli mesin bertugas untuk membersihkan dan membawa kotoran, partikel logam, serta sisa-sisa pembakaran yang terbentuk di dalam mesin. 

Ketika oli ini sudah digunakan, semua kontaminan tersebut akan terus bersirkulasi di dalam oli. Jika oli bekas ini kembali digunakan, kotoran dan partikel logam yang ada akan terus beredar dalam sistem pelumasan mesin. 

Kontaminan ini dapat menyebabkan gesekan berlebih dan keausan pada komponen mesin, seperti pompa oli dan filter, yang vital untuk performa mesin yang optimal. 

Selain itu, partikel-partikel logam yang tajam bisa merusak permukaan komponen mesin, mempercepat keausan, dan meningkatkan risiko kerusakan serius.

Oleh karena itu, selalu gunakan oli baru yang bersih untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mesin motor matic kalian.

3. Penurunan Efektivitas Pelumas

Oli baru mengandung aditif yang dirancang untuk melindungi mesin dari keausan, oksidasi, dan korosi. Aditif ini sangat penting untuk menjaga mesin dalam kondisi optimal. Namun, seiring waktu dan penggunaan, aditif dalam oli akan habis dan kehilangan efektivitasnya. 

Oli bekas, yang telah kehilangan sebagian besar aditifnya, tidak lagi mampu memberikan perlindungan maksimal.

Menggunakan oli bekas berarti mesin tidak mendapatkan perlindungan yang diperlukan, sehingga komponen mesin lebih rentan terhadap keausan dan kerusakan. 

Penurunan efektivitas pelumas ini dapat mengakibatkan penurunan performa mesin dan meningkatkan risiko kerusakan serius, yang pada akhirnya akan memerlukan perbaikan yang mahal. 

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mesin motor matic, sangat penting untuk selalu menggunakan oli baru yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

BACA JUGA:Cara Klaim Garansi Motor Matic Yamaha yang Dijamin Mudah dan Tidak Ribet

BACA JUGA:Cara Mudah Untuk Klaim Garansi Sepeda Motor Matic Honda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: