Belasan Proyek di Purbalingga Belum Masuk Tender

Belasan Proyek di Purbalingga Belum Masuk Tender

Rapat yang dilaksanakan oleh bagian layanan dan pengadaan Setda Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Belasan proyek atau kegiatan belum masuk tahapan lelang atau tender di Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Purbalingga.

Dari 46 kegiatan pengadaan barang dan jasa yang teridentifikasi di APBD Kabupaten Purbalingga, baru 27 kegiatan yang sudah masuk tender. Sebanyak 19 kegiatan lainnya, diketahui masih belum masuk dalam tahapan tender. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Purbalingga Drajat Uji Wakhyono, kepada Radarmas, Jumat, 28 Juni 2024.

Hal itu didasari dari rekapitulasi proses pengadaan barang/jasa melalui penyedia penyelenggara kegiatan OPD Kabupaten Purbalingga, hingga Jumat, 28 Juni 2024. "Data terakhir, masih ada 19 kegiatan yang masuk tender," katanya.

Dia menjelaskan, dari sejumlah kegiatan yang belum tender kebanyakan merupakan kegiatan dari Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga. Berdasarkan data, DPUPR Kabupaten Purbalingga menjadi OPD yang paling banyak memiliki kegiatan pada tahun anggaran 2024 ini.

BACA JUGA:Baru 11 Paket Kegiatan di Tiga Dinas yang Selesai Proses Lelang

BACA JUGA:Server SPSE Setda Purbalingga Error, Proses Tender Terganggu, Ini Kata Rekanan Kontraktor

Total ada 21 kegiatan di bawah DPUPR, sejumlah kegiatan tersebut, terdiri dari 19 kegiatan yang didanai Dana Alokasi Umum (DAU) dan dua kegiatan didanai DAK. Total anggaran kegiatan yang didanai dengan DAU adalah Rp 20,172 miliar. Sedangkan kegiatan yang didanai menggunakan DAK sebesar Rp 8,079 miliar.

Ketika disinggung apakah semua kegiatan yang menjadi proyek strategis atau prioritas, menurutnya sudah masuk tender semuanya. "Semua kegiatan strategis yang menjadi prioritas sudah masuk tender semua," katanya.

Diketahui, pada tahun anggaran 2024 ada sejumlah proyek strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga. Salah satunya adalah rekonstruksi atau peningkatan kapasitas Struktur Jalan Kasih - Krangean. 

Proyek yang didanai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) ini, dianggarkan dana Rp 7,929 miliar. Namun, proyek ini terlelang dengan nilai Rp 6,343 miliar. Sehingga ada penghematan anggaran sekira 20 persen.

BACA JUGA:Enam Kegiatan Fisik DPUPR Masuk Tahap Lelang, Satu Selesai, Lima Dalam Proses

BACA JUGA:GOR Sasana Krida Perwira Miliki Pemenang Lelang, Pekerjaan Ditarget Selesai 90 Hari

Sementara itu, berdasarkan data yang ada, dari 27 kegiatan yang masuk tender, sebanyak 18 kegiatan sudah berhasil terlelang atau memiliki pemenang. Proses persiapan tender atau seleksi ada dua kegiatan. Sedangkan, dalam proses tender ada tujuh kegiatan.

Diketahui dari 46 kegiatan pada APBD Tahun 2024, total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 51,201 miliar. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: