Paska Kurban, Stok Ternak Sapi dan Kerbau di Purbalingga Tetap Aman

Paska Kurban, Stok Ternak Sapi dan Kerbau di Purbalingga Tetap Aman

Bantuan : Bupati Tiwi dan rombongan saat memberikan bantuan sapi kurban di Desa Pangempon, Kejobong, kemarin.-Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kebutuhan dan ketersediaan hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba di Kabupaten Purbalingga paska kurban, tetap aman. Bahkan ada yang masih melimpah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Revon Haprindiat menjelaskan, untuk ketersediaan sapi sebanyak 5.778 ekor dan kebutuhan sapi 3.360 ekor. Lalu kerbau ketersediaan 330 ekor dan kebutuhan hanya 3 ekor.

"Kambing ketersediaan sebanyak 113. 860 ekor dengan kebutuhan 6.118 ekor. Lalu domba ketersediaan 8.297 ekor dengan kebutuhan 562 ekor," rincinya.

Sedangkan untuk jumlah hewan ternak yang untuk kurban malah terus didata. Karena masih ada Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan warga yang memotong hewan kurban sampai H+3 lebaran haji.

BACA JUGA:Dinpertan: Daging Kurban Rusak Berpenyakit Harus Dipisah dan Dibuang

BACA JUGA:Hewan Kurban di Purbalingga Diklaim Aman dari Penyakit Menular

Revon kembali mengingatkan jika kasus menonjol saat idul kurban di Kabupaten Purbalingga belum ada. Terutama adanya temuan daging dan bagian jeroan yang rusak karena penyakit.

Sementara itu, saat hari H idul kurban, bupati dan rombongan mendistribusikan sapi kurban ke beberapa lokasi. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengatakan, momentum Hari Raya Idul Adha ini akan menjadi penggugur dosa-dosa dan akan mampu meningkatkan kepedulian sosial. Demikian daging hewan-hewan kurban yang yang akan dibagikan nanti bisa memberi manfaat bagi yang membutuhkan.

"Penyerahan hewan kurban ini juga bentuk syukur Pemerintah Daerah dimana jalannya pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan tiga setengah tahun terakhir berjalan dengan baik tentu tidak terlepas dari dukungan dan sengkuyung masyarakat," katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: