5 Penyebab CVT Motor Matic Berisik

5 Penyebab CVT Motor Matic Berisik

5 Penyebab CVT Motor Matic Berisik-Pinterest -

Dengan memahami Penyebab CVT Motor Matic Berisik, diharapkan pengendara dapat menikmati pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman dengan motor matic mereka. Hindari mengabaikan tanda-tanda ausnya sabuk V-Belt.

2. Perekat Mangkok Kopling (Clutch Housing) Habis

Seperti halnya kendaraan lainnya, motor matic juga dapat mengalami masalah teknis, salah satunya adalah suara berdecit yang terdengar dari bagian CVT saat gas dibuka. Penyebab umum dari masalah ini sering kali terletak pada mangkok kopling atau clutch housing.

BACA JUGA:6 Teknik yang Baik dan Benar Saat Menggunakan Rem Motor Matic

BACA JUGA:Tips Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula

Mangkok kopling pada CVT motor matic dilengkapi dengan lem untuk mengikat kesing dan bagian mangkok kopling. Seiring waktu penggunaan, lem ini dapat mengalami keausan dan mengakibatkan kehilangan daya rekatnya. 

Untuk menghilangkan suara berdecit yang mengganggu pada CVT motor matic, terutama yang disebabkan oleh masalah pada mangkok kopling, Anda dapat melakukan pemeriksaan terhadap kondisi lem yang mengikat kesing dan mangkok kopling. 

Pastikan untuk mengganti lem yang sudah aus atau kehilangan daya rekatnya dengan lem baru yang berkualitas baik. Penggunaan lem besi yang direkomendasikan akan membantu memastikan daya rekat kembali kuat sehingga mengurangi atau menghilangkan suara berdecit.

Saat memasang lem baru, pastikan untuk melakukannya dengan tepat dan sesuai prosedur yang direkomendasikan oleh mekanik profesional. Memastikan bahwa lem diterapkan dengan merata dan pada jumlah yang cukup akan membantu mempertahankan keandalan sistem CVT motor matic Anda.

Selain mengatasi masalah secara langsung, lakukan juga perawatan rutin pada CVT motor matic Anda. Ini termasuk penggantian oli CVT sesuai jadwal yang ditentukan dan pemeriksaan keseluruhan sistem untuk memastikan tidak ada masalah lain yang dapat menyebabkan suara berdecit.

Dengan melakukan perawatan yang tepat dan mengatasi masalah pada mangkok kopling secara efektif, Anda dapat meningkatkan performa CVT motor matic dan menikmati pengalaman berkendara yang lebih lancar dan nyaman. 

3. Roller Peyang atau hancur

Seperti halnya kendaraan lain, motor matic juga dapat mengalami masalah teknis yang mengganggu, salah satunya adalah suara kretek-kretek yang terdengar saat gas dibetot. Penyebab umum dari suara ini sering kali terletak pada roller atau rol CVT.

BACA JUGA:Tips Mengatasi Masalah Bau Bensin yang Keluar dari Motor Matic

BACA JUGA:SIMAK! 7 Manfaat Memanaskan Mesin Motor Matic Sebelum Berkendara 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: