Yuk Cari Tau! Faktor Penyebab Tarikan Motor Matic Menjadi Lambat, dan Cara Mengatasinya

Yuk Cari Tau! Faktor Penyebab Tarikan Motor Matic Menjadi Lambat, dan Cara Mengatasinya

Yuk Cari Tau! Faktor Penyebab Tarikan Motor Matic Menjadi Lambat, dan Cara Mengatasinya-yamaha-

BACA JUGA:KEREN!! 7 Fitur Canggih Andalan Motor Matic Aerox 155, Raja Jalanan yang Stylish dan Cerdas

Umumnya, oli gardan perlu diganti setiap 8.000 – 10.000 km. Gejala oli gardan yang kotor atau sudah tidak layak pakai ditandai dengan beberapa ciri.

Seperti tarikan motor yang berat, munculnya suara berisik dari CVT, dan oli gardan yang berwarna keruh atau hitam pekat. Segera lakukan penggantian oli gardan dengan yang baru, jika Anda mengalami gejala tersebut.

6. Busi Kotor atau Rusak

Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian mesin. Busi yang kotor dapat menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna dan tenaga mesin berkurang, akibatnya tarikan motor matic menjadi berat dan boros bahan bakar.

Solusi:

Busi juga memiliki usia pakai yang perlu diperhatikan. Biasanya pabrik motor memberikan rekomendasi interval penggantian busi dalam buku panduan.

BACA JUGA:Waspadai!! 7 Akibat Fatal dari Penggunaan Oli Mesin Motor Matic yang Tidak Sesuai Spesifikasi

BACA JUGA:Yuk Ketahui! Inilah 4 Perawatan Sistem Injeksi Motor Matic yang Tepat

Umumnya, busi perlu diganti setiap 6.000 – 8.000 km. Gejala busi yang kotor atau rusak ditandai dengan tarikan motor yang berat, mesin mudah mati, dan emisi gas buang yang lebih tinggi.

Segera lakukan pembersihan atau penggantian busi dengan yang baru, jika Anda mengalami gejala tersebut.

7. Tekanan Ban Terlalu Rendah

Tekanan ban yang terlalu rendah dapat menyebabkan handling motor menjadi tidak stabil, dan membuat tarikan motor terasa berat. Selain itu, ban yang kurang tekanan angin juga lebih mudah aus dan boros bahan bakar.

Solusi:

Pastikan tekanan ban motor matic Anda sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrik. Anda dapat mengecek tekanan ban di bengkel terdekat, atau menggunakan alat pengukur tekanan ban yang tersedia di toko onderdil.

BACA JUGA:Jangan Panik! Ikuti 3 Cara Ini Untuk Mengatasi Motor Matic yang Tiba-tiba Mogok

BACA JUGA:Tips Mengatasi Kick Starter Motor Matic Macet yang Mudah Dilakukan

Dengan mengetahui faktor penyebab tarikan motor matic lambat, Anda dapat melakukan langkah-langkah pencegahan dan perbaikan yang tepat. Sehingga motor matic Anda selalu dalam kondisi prima, dan memberikan performa terbaik saat berkendara. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: