Inilah Cara Berkendara Motor Matic yang Tidak Bikin Boros Bensin!

Inilah Cara Berkendara Motor Matic yang Tidak Bikin Boros Bensin!

Inilah Cara Berkendara Motor Matic yang Tidak Bikin Boros Bensin!-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Berkendara menggunakan sepeda motor telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain praktis dalam mengatasi kemacetan, sepeda motor juga dikenal lebih ekonomis dibandingkan kendaraan lain seperti mobil. 

Namun, ada sebuah masalah umum yang sering dihadapi oleh pengendara sepeda motor, yaitu borosnya konsumsi bahan bakar. Berikut adalah Cara Berkendara Motor Matic yang Tidak Bikin Boros Bensin:

1. Menghindari Sering Memanaskan Motor

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pemilik sepeda motor adalah memanaskan mesin sebelum digunakan. Banyak yang meyakini bahwa memanaskan mesin dapat meningkatkan performa dan umur mesin. Namun, faktanya, kebiasaan ini tidak selalu tepat.

Motor dengan teknologi injeksi sudah dirancang untuk dapat beroperasi efisien tanpa memerlukan waktu pemanasan yang lama. Bahkan, memanaskan motor injeksi terlalu lama justru dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar.

BACA JUGA:KEREN!! 7 Fitur Canggih Andalan Motor Matic Aerox 155, Raja Jalanan yang Stylish dan Cerdas

BACA JUGA:Waspadai!! 7 Akibat Fatal dari Penggunaan Oli Mesin Motor Matic yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Membiarkan mesin hidup tanpa beban terlalu lama juga dapat memperpendek umur komponen mesin. Ini disebabkan oleh gesekan antar komponen yang bergerak tetapi belum mencapai suhu operasional optimal. 

Daripada memanaskan motor secara diam-diam di tempat parkir, lebih baik langsung mengendarai motor setelah mesin dinyalakan. Dengan mengemudi dalam beberapa saat pertama, mesin dapat mencapai suhu kerja yang optimal lebih cepat. 

Penggunaan bahan bakar yang lebih efisien tidak hanya menguntungkan secara ekonomi bagi pemilik motor, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Mengurangi konsumsi bahan bakar berarti mengurangi emisi gas buang yang merugikan lingkungan.

Dengan menerapkan Cara Berkendara Motor Matic yang Tidak Bikin Boros Bensin, Anda dapat mencapai berkendara yang lebih efisiensi bahan bakar dan umur mesin yang lebih panjang. 

2. Memeriksa Tekanan Ban Motor 

Salah satu aspek yang sering diabaikan oleh banyak pemilik sepeda motor adalah memeriksa tekanan ban secara rutin. Padahal, tekanan ban yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat berdampak pada konsumsi bahan bakar dan keselamatan pengendara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: