5 Cara Mengetahui Jenis Penyakit Pada Motor Matic

5 Cara Mengetahui Jenis Penyakit Pada Motor Matic

Beberapa penyakit sepeda motor matic yang perlu Anda ketahui dan cara mengatasinya.-Fahma Ardiana-

Misalnya, jika sepeda motor bertransmisi otomatis juga rentan mengalami sputtering, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya, antara lain penggunaan bahan bakar yang salah, masuknya air ke dalam tangki, dan setelan katup yang salah.

BACA JUGA:AHM Luncurkan Motor Matic All New Honda BeAT dengan Desain dan Fitur Keamanan Baru

BACA JUGA:Pengaruh Peningkatan Harga BBM terhadap Popularitas Motor Matic di Kalangan Pengendara

Bisa juga jika sepeda motor matic Anda menunjukkan tanda-tanda mogok, sebaiknya segera periksa ketinggian bahan bakarnya.

Memastikan bahan bakar yang digunakan memenuhi kebutuhan serta periksa juga karburatornya. Katup pelampung dan katup jarum mungkin rusak dan busi tampak cair. Intinya kalau ukurannya sudah tidak pas, tinggal diganti saja.

4. Sepeda Motor Matic Tidak Mau Starter

Banyak orang mengira sepeda motor matic tidak mau starter hanya karena masalah baterai. Sebenarnya ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sepeda motor matic tidak bisa dihidupkan, seperti masalah kabel atau soket.

Pemasangan kabel yang salah atau robek akibat gigitan tikus dapat mengakibatkan korsleting dan pada akhirnya sepeda motor matic tidak dapat dihidupkan.

Selain itu, jika starter elektrik Anda kotor, sepeda motor matic Anda mungkin tidak dapat dihidupkan.

Kotoran ini mudah merusak starter sepeda motor matic dan pada akhirnya menyulitkan menghidupkan mesin. Oleh karena itu, selalu pastikan starter elektrik sepeda motor matic Anda dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran.

5. Rem Sepeda Motor Matic Kurang Grip

Masalah lain pada sepeda motor matic adalah rem yang kurang grip. Tentu sangat berbahaya mengendarai sepeda motor matic jika remnya tidak berfungsi.

Masalah ini biasanya terjadi pada sepeda motor matic yang menggunakan sistem rem tromol. Namun, tampaknya masalah gigitan rem yang buruk mungkin disebabkan oleh posisi bantalan rem yang salah atau terbalik.

Selain itu, kabel rem sepeda motor matic yang teregang juga dapat menyebabkan rem tidak bekerja. Oleh karena itu, jika kabel meregang atau rusak, sebaiknya diganti saja.

Itulah beberapa keluhan sepeda motor matic yang sering ditemui pengguna. Untuk menghindari penyakit sepeda motor matic kronis jenis ini, sebaiknya sepeda motor matic Anda diservis secara rutin di bengkel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: