Stok Hewan Kurban di Banyumas Dipastikan Aman dan Sehat

Stok Hewan Kurban di Banyumas Dipastikan Aman dan Sehat

Pj Bupati Banyumas bersama dengan Dinkannak Banyumas saat melakukan pemantauan di pasar hewan Sokaraja, Sabtu (8/6/2024). -HUMAS PEMKAB BANYUMAS UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas memastikan stok ketersediaan dan kesehatan hewan kurban untuk perayaan hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024 Masehi, dalam kondisi aman dan sehat. 

Dengan terus melakukan pemantauan di tempat peternakan atau penampungan hewan kurban, serta di pasar hewan. Sampai saat ini belum ditemukan adanya hewan yang sakit atau terkena penyakit mulut dan kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD) dan anthrax. 

Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro menekankan, agar Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkannak) Banyumas untuk terus melakukan pengendalian penyakit hewan menular, terutama di lalulintas ternak seperti pasar hewan dan kandang-kandang penjualan hewan qurban.

BACA JUGA:2 Remaja Terseret Ombak Pantai Teluk Penyu Cilacap, 1 Orang Selamat, 1 Lainnya Dalam Pencarian

"Dinkannak agar terus memantau stok hewan qurban agar harga terkendali," ujar Hanung. 

Sementara itu, Kepala Dinkannak Banyumas, Sulistiono mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan hewan kurban khususnya sapi, kambing dan domba agar terhindar dari penyakit.

"Terkait penyakit, hanya ada pengobatan penyakit-penyakit ringan yang setelah diobati segera sembuh. Hingga saat ini untuk penyakit yang menular seperti penyakit mulut dan kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD) dan anthrax sampai saat ini tidak ada," ungkapnya.

BACA JUGA:Inaugurasi Desa BRILiaN Batch 1 2024, BRI Beri Apresiasi Bagi 40 Desa Terpilih

Menurutnya, di Banyumas terdapat empat pasar hewan dan terdapat 20-an penampungan sementara hewan kurban. 

Di lokasi itu, semua hewan diperiksa kesehatannya oleh petugas. Termasuk hewan yang baru datang dari luas Banyumas. Dan hasilnya sampai saat ini belum ditemukan adanya sapi atau kambing yang mengidap penyakit.

Terkait ketersediaan hewan korban Idul Adha 1445 H atau 2024 di Banyumas, Sulistiono menyebutkan, aman dan mencukupi. 

BACA JUGA:Dapur Warga Selanegara Ludes Terbakar karena Akses Jalan Sulit Dijangkau

"Dari pendataan, ada ketersediaan 9.186 ekor sapi, 130 ekor kerbau, 58.357 ekor kambing dan 5.269 ekor domba. Berdasarkan kebutuhan sebagaimana tahun lalu stok aman," tutupnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: