5 Kebiasaan yang Membuat Aki Motor Matic Tidak Awet

5 Kebiasaan yang Membuat Aki Motor Matic Tidak Awet

5 Kebiasaan yang Membuat Aki Motor Matic Tidak Awet-Pinterest -

Dengan memperhatikan kebiasaan yang penting ini secara rutin dan konsisten, diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan aki motor matic agar tetap awet dan berfungsi secara optimal. 

Jangan pernah mengabaikan pentingnya perhatian terhadap voltase aki, karena kebiasaan ini dapat menjadi langkah awal dalam mencegah kerusakan dan memperpanjang umur pakai aki motor matic Anda.

4. Tidak Memeriksa kondisi aki secara berkala

Salah satu kebiasaan yang sering diabaikan oleh pemilik motor matic adalah kurangnya perhatian terhadap kondisi aki secara berkala. Penting untuk memahami bahwa aki yang kotor atau terdapat kerak pada terminalnya dapat menjadi salah satu faktor yang membuat aki motor matic tidak awet. 

Pemeriksaan dan pembersihan terminal aki secara berkala adalah kebiasaan yang penting untuk menjaga kesehatan aki motor matic. Maka lakukan pemeriksaan terhadap kondisi terminal aki secara berkala. Perhatikan apakah terdapat kotoran atau kerak yang menempel pada terminal. 

BACA JUGA:Cara Mengatasi Aki Motor Matic Tekor

BACA JUGA:Hal-hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Honda Genio

Gunakan sikat atau kain yang bersih dan kering untuk membersihkan terminal aki. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan kimia yang keras atau abrasif, karena hal ini dapat merusak terminal aki. 

Setelah melakukan pembersihan, pastikan terminal aki benar-benar kering sebelum dipasang kembali. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya korosi atau gangguan kinerja akibat kelembaban yang tertinggal.

Dengan menjaga terminal aki motor matic tetap bersih dan bebas dari kotoran atau kerak, diharapkan dapat membantu menjaga kinerja aki agar tetap optimal dan memperpanjang umur pakainya. 

Selain itu, perawatan rutin ini juga dapat membantu mencegah terjadinya masalah yang lebih serius pada sistem kelistrikan motor matic dan mengurangi risiko terjadinya mogok atau kerusakan yang tidak diinginkan. 

5. Terlalu sering menggunakan starter elektrik

Salah satu kebiasaan yang sering terjadi dan dapat membuat aki motor matic tidak awet adalah terlalu sering menggunakan starter elektrik, terutama jika dilakukan secara paksa. Penggunaan starter elektrik yang berlebihan, dapat menyebabkan aki menjadi soak dan memperpendek umur pakainya. 

Penggunaan starter elektrik yang berlebihan dapat mengakibatkan aki motor matic menjadi terlalu terbebani, terutama jika terjadi secara terus-menerus dalam waktu yang singkat. Akibatnya, aki dapat mengalami penurunan kapasitas dan kinerja yang tidak optimal. 

BACA JUGA:Minat Daftar Ojek Online ? Ini 6 Rekomendasi Motor Matic Murah yang Cocok untuk Ojek Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: