5 Tips Aman Saat Membonceng Motor Matic

5 Tips Aman Saat Membonceng Motor Matic

5 Tips Aman Saat Membonceng Motor Matic-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sepeda motor telah menjadi kendaraan utama bagi banyak orang dalam menjalani aktivitas sehari-hari, baik untuk keperluan pekerjaan maupun mengantar penumpang. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan sepeda motor hanya diperuntukkan bagi dua orang.

Baik pengemudi maupun penumpang, keduanya memiliki risiko yang sama saat berkendara. Oleh karena itu, sangat disarankan agar keduanya menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu.

Namun, seringkali kita melihat penumpang, terutama kaum wanita, mengambil posisi menyamping atau yang biasa disebut dengan ngempol. Pertanyaannya, apakah posisi ini diperbolehkan?

Posisi duduk menyamping saat membonceng motor mungkin memiliki alasan tersendiri bagi kaum wanita, terutama yang mengenakan rok atau kebaya karena alasan budaya atau kebutuhan akan pakaian formal. Namun, saat berkendara, penting untuk memahami aturan dan praktik berkendara yang aman.

Tips Aman Saat Membonceng Motor Matic

1. Persiapkan safety

Risiko dalam berkendara motor, baik sebagai pengemudi maupun penumpang, selalu ada. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri dengan perlengkapan keselamatan sebelum membonceng motor. 

BACA JUGA:5 Kebiasaan yang Ternyata Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

BACA JUGA:6 Tips Memilih Ban Motor Matic yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, risiko terhadap penumpang motor sama dengan pengemudi jika terjadi kecelakaan. Maka dari itu, hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum membonceng motor adalah safety gear.

Perlengkapan keselamatan yang perlu dipersiapkan antara lain adalah helm, celana panjang, sepatu, dan sarung tangan. Dengan mengenakan perlengkapan tersebut, Anda dapat meminimalkan risiko cedera jika terjadi kecelakaan motor.

2. Duduk dengan posisi yang nyaman

Duduk dengan posisi yang nyaman saat membonceng di sepeda motor merupakan hal yang sangat penting. Posisi yang nyaman akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan mengurangi rasa capek, terutama jika Anda akan melakukan perjalanan jarak jauh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: