Jalan Baru Perkebunan Nanas di Siwarak Akhirnya Dibangun Swadaya

Jalan Baru Perkebunan Nanas di Siwarak Akhirnya Dibangun Swadaya

Kompak : Warga dan Bupati saat ikut membantu akses jalan baru di Siwarak, Rabu 5 Juni 2024.-Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemkab Purbalingga dan masyarakat gotong-royong membangun jalan baru di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Rabu 5 Juni 2024. Jalan di Dusun Wanareja ini merupakan jalan pertanian untuk mendukung perkebunan nanas yang merupakan komoditas unggulan desa tersebut.

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengapresiasi gotong-royong ini. Warga juga rela menghibahkan lahannya untuk jalan sepanjang 750 meter.

Masyarakat mengusulkan agar Pemkab Purbalingga turut membantu menyelesaikan. "Melihat masyarakat punya aspirasi JUT (Jalan Usaha Tani), maka dalam waktu yang tidak terlalu lama di APBD Perubahan ini, Dinas Pertanian akan membantu pembangunan JUT di Desa Siwarak," tutur Bupati Tiwi saat kegiatan Gerakan Bersama Rakyat (Gebrak) Gotong-royong di Desa Siwarak.

Dibangunnya jalan pertanian ini agar kedepan dapat meningkatkan produktivitas perkebunan nanas. Sehingga nantinya kesejahteraan masyarakat ikut meningkat.

BACA JUGA:Bekas Lahan Bencana Milik Warga Siwarak, Berpotensi Untuk Perkebunan

BACA JUGA:Sebulan Lebih, 28 Warga Siwarak Tempati Lahan Relokasi

"Semoga bantuan ini membawa manfaat berkah barokah dan petaninya bisa makmur," katanya.

Pj Kepala Desa Siwarak, Suparno menyampaikan pembangunan jalan ini murni swadaya masyarakat. Semula hanya berupa jalan setapak, berkat hibah masyarakat jalan menjadi selebar 5 meter.

"Kalau dinilai termasuk kerja baktinya yang mengerahkan 800 orang yang mengerjakan gorong-gorong bisa mencapai Rp 1.169.590.000," katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: