Dari 110 CC Hingga 180 CC, Inilah Alasan CC Motor Matic Semakin Membesar

Dari 110 CC Hingga 180 CC, Inilah Alasan CC Motor Matic Semakin Membesar

Beberapa alasan megapa CC sepeda motor matic yang dulu hanya 110 CC kini berkembang hingga menjadi 180 CC.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Motor matic CCnya semakin membesar, dari yang dulu hanya 110cc, sekarang 150cc, 160cc, dan 180cc, karena tenaga mesin meningkat secara signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

Dahulu sepeda motor matic seperti Yamaha Mio dan Honda BeAt dibekali mesin dengan kapasitas mesin sekitar 110cc.

CC sepeda motor matic dulunya 110cc, namun kini sudah banyak beredar sepeda matic di pasaran yang dilengkapi dengan mesin 150cc, 160cc, hingga 180cc.

Di bawah ini adalah beberapa alasan megapa CC sepeda motor matic yang dulu hanya 110 CC, kini berkembang menjadi 150 CC, 160 CC, dan 180 CC.

1. Efek Perpindahan (CC)

Perpindahan atau CC (sentimeter kubik) adalah ukuran volume ruang silinder mesin kendaraan. Semakin besar kapasitas ruang bakar maka semakin banyak pula udara dan bahan bakar yang dapat masuk ke dalam ruang bakar.

BACA JUGA:4 Tips Jitu Menjual Motor Matic Bekas Dijamin Laku

BACA JUGA:Perbedaan Smart Key dan Keyless pada Motor Matic yang Harus Dipahami

 

Hal ini meningkatkan tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin sepeda motor matic. Namun peningkatan tenaga mesin biasanya berbanding lurus dengan peningkatan konsumsi bahan bakar.

2.Teknologi Pembakaran 

Perkembangan teknologi seperti penggerak katup variabel (VVA) dan sistem injeksi bahan bakar yang canggih, memungkinkan produsen motor matic meningkatkan efisiensi bahan bakar, bahkan ketika kapasitas mesin meningkat.

Misalnya saja motor matic Yamaha yang mengklaim sepeda motor bermesin 125cc, yang menggunakan teknologi VVA memiliki penghematan bahan bakar lebih baik, dibandingkan mesin 110cc yang tidak menggunakan teknologi tersebut.

BACA JUGA:3 Komponen Penting pada Motor Matic yang Wajib Pengendara Perhatikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: