5 Kesalahan saat Mengendarai Motor Matic yang Perlu Dihindari

5 Kesalahan saat Mengendarai Motor Matic yang Perlu Dihindari

5 Cara Berkendara Motor Matic yang Aman-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Motor matic memang menjadi kendaraan roda dua paling populer saat ini. Kemudahan hingga kenyamanan ketika mengoperasikanya menjadi salah satu alasan utama para konsumen. Namun masih saja terdapat Kesalahan saat mengendarai Motor matic

Meski terkesan mudah, masih banyak pengendara Skutik yang melakukan kesalahan saat berkendara. Berikut ini adalah beberapa Kesalahan saat mengendarai motor matic etika di jalanan:

1. Menahan tuas rem sambil jalan

Salah satu Kesalahan saat mengendarai motor matic adalah menahan tuas rem sambil berkendara. Banyak pengendara yang secara tidak sadar melajukan motornya dengan menarik sedikit tuas rem. Kebiasaan ini berdampak buruk pada beberapa komponen motor.

Menahan tuas rem saat motor berjalan menyebabkan lampu rem menyala terus-menerus. Akibatnya, lampu rem akan cepat mati. Ketika lampu rem mati, pengendara di belakang tidak bisa mengetahui saat kita mengerem, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

BACA JUGA:Jangan Abaikan! Inilah 6 Tanda Rem Motor Matic Sedang Bermasalah

BACA JUGA:Cek Disini! 4 Teknik Pengereman Motor Matic yang Tepat

Selain itu, menahan tuas rem saat motor berjalan juga menyebabkan kanvas rem menjadi cepat aus. Gesekan yang terjadi secara terus-menerus antara kanvas rem dan cakram atau tromol rem akan membuat komponen tersebut cepat habis.

Kesalahan dalam penggunaan tuas rem saat mengendarai motor matik tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga membahayakan orang lain di jalan raya. Menahan tuas rem sambil jalan adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari. 

Dengan memperhatikan penggunaan rem yang tepat dan melakukan pengecekan rutin pada komponen motor, pengendara dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara serta memperpanjang usia pakai komponen motor.

Mengendarai motor matik dengan bijaksana dapat menjaga keselamatan di jalan. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan cara berkendara yang benar dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak motor dan membahayakan keselamatan.

2. Menahan gas saat berhenti

Selain kesalahan menahan tuas rem sambil jalan, banyak pengendara yang juga menahan gas saat berhenti, terutama saat berada di kondisi macet. Caranya adalah dengan membuka gas sedikit namun menahan laju motor menggunakan tuas rem. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: