5 Kesalahan saat Mengendarai Motor Matic yang Perlu Dihindari

5 Kesalahan saat Mengendarai Motor Matic yang Perlu Dihindari

5 Cara Berkendara Motor Matic yang Aman-Pinterest -

Narik gas dalam-dalam di awal perjalanan adalah kebiasaan yang sering kali tidak disadari oleh pengendara motor matik. Meskipun memberikan akselerasi yang cepat, kebiasaan ini menyebabkan V-belt cepat aus, bahan bakar boros, dan kerusakan komponen lainnya. 

Dengan menghindari kebiasaan ini dan menerapkan teknik akselerasi yang tepat, pengendara dapat menjaga performa motor matik serta menghemat biaya perawatan dan operasional. Penting untuk selalu berkendara dengan bijaksana.

4. Lalai Ganti Oli Gardan

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemilik motor matik adalah lalai mengganti oli gardan. Padahal, penggantian oli gardan sangat penting untuk menjaga performa dan keawetan komponen penggerak motor. 

Kelalaian mengganti oli gardan bisa menyebabkan bunyi bising pada area gardan. Oli gardan yang kotor atau sudah terlalu lama tidak diganti tidak mampu melumasi komponen dengan baik, sehingga timbul gesekan yang menghasilkan bunyi bising.

BACA JUGA:4 Kekurangan Motor Matic Yamaha Fino

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Yamaha Fino

Oli gardan yang kotor mengandung partikel-partikel kotoran yang dapat meningkatkan gesekan antar komponen. Jika dibiarkan, gesekan ini bisa mengakibatkan keausan yang berlebihan dan kerusakan pada komponen penggerak motor. 

Lalai mengganti oli gardan adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik motor matik. Padahal, penggantian oli gardan secara rutin sangat penting untuk menjaga performa dan keawetan komponen penggerak motor. 

Dengan mengikuti anjuran penggantian oli setiap 8.000 km, menggunakan oli berkualitas, dan memeriksa kondisi oli secara berkala, pemilik motor matik dapat mencegah kerusakan komponen, akibat Kesalahan saat mengendarai motor matic. 

5. Mematikan Mesin Pakai Standar Samping

Mematikan mesin motor matik dengan menggunakan standar samping sebenarnya tidak dilarang, tetapi sangat tidak dianjurkan. Standar samping memang dilengkapi dengan fitur untuk mematikan mesin secara otomatis saat diturunkan, tetapi perilaku ini bisa membawa beberapa risiko.

Salah satu risiko utama adalah pengendara mungkin lupa mematikan sistem kelistrikan motor. Meskipun mesin sudah mati, jika kunci kontak tidak diputar ke posisi off, sistem kelistrikan tetap aktif. Ini dapat menyebabkan baterai motor cepat habis.

BACA JUGA:5 Penyebab Lampu Depan Motor Matic Sering Putus

BACA JUGA:Keren! 5 Keunggulan Honda Beat yang Tidak Dimiliki Motor Matic Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: