Ular Koros Dikira Kobra Bikin Panik, Damkar Turun Tangan

Ular Koros Dikira Kobra Bikin Panik, Damkar Turun Tangan

Diamankan : Ular king koros yang dievakuasi petugas Damkar Purbalingga, Selasa 28 Mei 2024.-Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Warga RT 2 RW 1 Desa Patemon Kecamatan Bojongsari, Selasa 28 Mei 2024 dibuat panik. Seekor ular king koros dikira ular kobra masuk ke area rumah Ujiarto (50). Pemilik dan anggota keluarga hanya bisa lari keluar rumah untuk menghindari ular itu.

Kejadian itu membuat Ujiarto menghubungi petugas pemadam kebakaran Purbalingga. Karena ular sepanjang kurang lebih 130 sentimeter ini mendesis keras dan seperti ganas. "Saya taunya kobra. Karena agak besar dan mendesis keras. Lalu saya hubungi Damkar Purbalingga karena semua panik," ungkapnya.

Tak berselang lama, dua orang petugas pemadam tiba dilokasi. Menggunakan tongkat jepit ular, hanya dalam waktu 10 menit diamankan.

"Ini di Jawa disebut ular Koros, ada juga yang menyebut ular Jali. Masyarakat awam tahunya koros sama dengan kobra Jawa, padahal beda," kata Komandan Pos Pemadam Purbalingga, Murbawantik Seno Aji.

BACA JUGA:Markas Baru Damkar Purbalingga Kota Urung Direalisasikan Tahun 2024

BACA JUGA:Markas Baru Damkar Kota Dianggarkan Rp 2,4 M, Ini Penjelasannya

Seno menjelaskan, populasi ular Koros bisa jadi semakin sedikit. Karena perubahan habitat. Ular ini berbisa rendah. Mangsa di alam liar biasanya tikus.

"Kami bertindak karena sudah tugas dan melaksanakan evakuasi karena ada laporan. Yang sudah kami tangani evakuasi kebanyakan jenis sanca," rincinya.

Usai ditangkap dan dimasukkan kantong, ular akan dilepas kembali ke alam liar yang jauh dari pemukiman. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: